Digitalisasi Bisa Mengakselerasi Bisnis Perbankan Syariah

Syariah - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
27 May 2021 10:58
Taswin Zakaria, dok Maybank

Jakarta, CNBC Indonesia- Direktur Utama PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) Taswin Zakaria menegaskan bahwa masa depan perbankan syariah di Tanah Air masih menjanjikan.

Hal ini terlihat dari pencapaian pada 2020 dengan pertumbuhan aset perbankan syariah sebesar 14,2% menjadi Rp 571 triliun dibandingkan dengan setahun sebelumnya Rp 500 triliun.

"Hal ini menunjukkan potensi pertumbuhan pasar keuangan syariah yang partisipatif melalui dukungan dan kerjasama seluruh pemangku kepentingan di semua sektor tersebut, termasuk regulator, para pemegang saham, nasabah, pelaku industri dan masyarakat pada umumnya," ujar Taswin dalam event Shariah Thought Leader Forum, Kamis (27/5/2021).


Sejak tahun 2014 Maybank Indonesia Syariah telah dirintis, dengan strategi Shariah First. Strategi ini menerapkan Leverage Business Model dimana produk Syariah secara aktif ditawarkan melalui kantor-kantor cabang Maybank Indonesia konvensional.

"Hal ini sangat efektif sebagaimana tercermin pada laporan keuangan kuartal I-2021 dimana bisnis Syariah memberikan kontribusi hampir 21% dari total aset bank konsolidasi," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjabarkan bahwa pandemi COVID-19 mengubah perilaku nasabah dalam melakukan transaksi perbankan sehari-hari di berbagai cabang atau lokasi bank hingga saat ini. Saat ini nasabah lebih memilih untuk bertranksi tidak melalui cabang bang karena social disatancing.

"Kondisi tersebut mempercepat adopsi kemajuan teknologi digital, yang juga berkontribusi signifikan terhadap pemanfaatan digital banking. Seperti yang juga kami alami, melalui layanan digital kami, pergeseran perilaku pasti menciptakan peluang pasar," jelas Taswin.

"Diperkirakan pula bahwa pada tahun 2025 bahwa 89,2% penduduk Indonesia akan memiliki akses ke smartphone, yang akan membuka ruang yang lebih besar bagi perbankan Syariah untuk tumbuh lebih jauh," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading