Tiga Pilar BI Dongkrak Ekonomi dan Keuangan Syariah

Syariah - Muh Iqbal, CNBC Indonesia
21 April 2021 15:03
CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Gubernur BI Perry Warjiyo, Rabu (21/4/2021).

Langkah-langkah sinergi dan upaya Bank Indonesia dalam mendorong perkembangan ekonomi keuangan syariah sebagaimana tertuang dalam Laporan Ekonomi Keuangan Syariah Indonesia yang telah diluncurkan pada 31 Maret 2021.


"Sinergi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, dituangkan melalui pendekatan 3 pilar yaitu Pilar pertama, Pemberdayaan Ekonomi Syariah melalui Pengembangan Ekosistem Halal Value Chain (HVC), termasuk memperkuat dan memperluas peran perempuan dalam kontribusinya ekonomi keuangan syariah dan perekonomian nasional," kata Perry.

Pilar kedua yaitu Pendalaman Pasar Keuangan Syariah baik komersial maupun sosial, dan pilar ketiga yaitu Penguatan Riset, Asesmen dan Edukasi, termasuk diantaranya edukasi gaya hidup halal. Sinergi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah telah menujukkan kinerja yang baik.

"Pada tahun 2020, Indonesia mendapatkan peringkat ke - 4 terkait pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia berdasarkan laporan State of the Global Islamic Economy (SGIE). Selain itu, industri keuangan syariah Indonesia berhasil naik ke peringkat ke-2 berdasarkan Islamic Finance Development Index."


[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading