Dihantam Covid-19, Kinerja BRIS Tetap Moncer

Syariah - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
05 October 2020 13:13
Workshop Perbankan Syariah “Memacu Literasi Keuangan Syariah Mendorong Pemulihan Nasional”. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIS) mencatatkan kinerja positif meski dihantam Covid-19, terbukti dari laba perusahaan hingga Agustus mencapai Rp 168 miliar.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama BRIS, Ngatari dalam sambutannya saat Workshop Perbankan Syariah "Memacu Literasi Keuangan Syariah Mendorong Pemulihan Nasional" secara virtual di Jakarta, Senin (5/10/2020).

"Kinerja Bank syariah, sampai Agustus, menunjukkan kinerja positif. Khusus BRIS sampai Agustus laba bersih mencapai Rp 168 Miliar, perolehan tersebut naik 158,46% secara yoy, pembentukan laba ditopang pendapatan penyaluran dana mencapai Rp 1,94 T tumbuh 19,75% yoy," ujarnya.


Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa ekonomi dan keuangan syariah mampu bertahan di tengah krisis pandemi. Sehingga hal ini menurutnya menjadi potensi dalam solusi pemulihan ekonomi nasional.

"Ekonomi dan keuangan syariah berpotensi jadi ujung tombak dan mendorong sistem ekonomi syariah di Indonesia. terbukti ekonomi syariah sampai saat ini bisa bertahan dari goncangan akibat covid-19," imbuhnya.

Meski dari sisi kinerja menunjukkan hasil yang positif, namun menurutnya itu saja belum cukup sebab banyak hal yang masih harus dilakukan. Misalnya saja bagaimana meningkatkan literasi keuangan yang terbilang saat ini masih berada di kisaran 16,3% dari skala 100%.

"Hal ini memperlihatkan masih banyak ruang, bersama kita isi untuk meningkatkan pemahaman ekonomi syariah. Padahal RI berpenduduk umat muslim terbesar," ujarnya.

Untuk itu, BRIS akan terus memaksimalkan kegiatan literasi syariah. Hal ini bertujuan agar masyarakat semakin paham, semakin tinggi tingkat pemahaman yang berdampak besar pada industri dan investasi.

"Sehingga semakin maju, bahkan harapannya bisa jadi pusat ekonomi syariah di dunia," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading