Jokowi, Mahathir & Erdogan Sepanggung di KL, Ngapain?

Syariah - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
28 November 2019 12:36
Jokowi, Mahathir & Erdogan Sepanggung di KL, Ngapain?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan pemimpin dari empat negara Islam dunia dalam acara Kuala Lumpur Summit (KLS) 2019 yang akan diadakan bulan depan di Malaysia.

Para pemimpin itu adalah Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohammad, Emir Qatar Sheikh Tamim Hamad Al-Thani, presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan.


Selain keempat pemimpin negara, acara itu juga akan dihadiri oleh Menteri Urusan Ekonomi Malaysia Azmin Ali dan Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi.

Menurut Mahathir, dalam acara soft launching KLS 2019, acara ini bertujuan untuk menjadi wadah terciptanya kedamaian dalam hidup dan menyelesaikan masalah-masalah yang banyak dihadapi umat muslim khususnya.


"KL Summit adalah platform internasional untuk dialog yang mempertemukan pemimpin muslim, pemikir, individu, cendekiawan, peneliti, sehingga (menghasilkan) solusi terbaik yang dinamis dan berdasarkan aksi dari masalah umat Islam." kata Mahathir sebagaimana dikutip dari The Star.

"Misi kami adalah untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dan mencoba untuk memecahkan masalah yang berdampak pada dunia muslim."

Mengutip South China Morning Post, salah satu masalah yang dihadapi oleh 1,7 miliar muslim di dunia adalah meningkatnya Islamofobia.

Selain itu, ada berbagai topik lain yang juga akan dibahas di pertemuan itu, di antaranya adalah peran politik dalam pembangunan, keamanan pangan, melestarikan identitas nasional, dan mendistribusikan kembali kekayaan nasional.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading