Reksa Dana Syariah Semakin Diminati

Syariah - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
09 October 2019 21:24
Reksa Dana Syariah Semakin Diminati Foto: Infografis, Arie Pratama
Jakarta, CNBC Indonesia - Manajer investasi yang dimiliki Grup Prudential asal Inggris yaitu PT Eastspring Investments Indonesia semakin memantapkan langkah untuk menyasar generasi milenial yang yang berniat membeli reksa dana pasar uang syariah melalui platform online.

Alan Jonathan Tangkas Darmawan, Direktur Utama Eastspring Investments, menilai investor milenial pemula yang disasar perusahaan lumrahnya akan mencari produk reksa dana yang sudah cukup besar sehingga perseroan mengunggulkan produk reksa dana pasar uang syariahnya.

"Reksa dana pasar uang syariah kami memang menjadi salah satu yang memiliki dana kelolaan terbesar di industri yaitu sekitar Rp 1,2 triliun, sehingga investor pemula biasanya akan mencari produk yang memiliki dana kelolaan besar," ujarnya kepada pers hari ini (9/10/19).



Data dana kelolaan di pasar menunjukkan reksa dana pasar uang syariah perseroan yaitu Eastspring Syariah Money Market Khazanah memiliki dana kelolaan Rp 1,26 triliun dan menjadi yang tertinggi di kelasnya di industri reksa dana.

Posisi produk Eastspring tersebut diikuti oleh Avrist Ada Kas Syariah, Victoria Pasar Uang Syariah, PNM Arafah, dan Danareksa Seruni Pasar Uang Syariah.




Untuk membuat milenial berinvestasi, perseroan mengedepankan pendekatan edukasi, inklusi, dan literasi keuangan sehingga tidak menetapkan target jumlah dana kelolaan dari kerja sama dengan jaringan distribusi pemasaran produknya.

Saat ini perusahaan juga baru menggandeng salah satu agen penjual reksa dana (Aperd) berbasis teknologi informasi (fintech) yaitu PT Takjub Teknologi Indonesia yang mengusung nama Ajaib.


"Saat ini kami menggenjot edukasi dan pemasaran produk reksa dana dengan menambah platform penjualan online, totalnya sekarang menjadi empat platform online," tambah Alan.

Selain bekerja sama dengan Aperd fintech, saat ini manajer investasi tersebut juga sudah merangkul delapan bank dan dua sekuritas dalam penjualan reksa dana perusahaan.

Dengan jaringan pemasaran tersebut, Eastspring sudah berhasil memiliki 4.000 nasabah ritel. Dengan kerja sama dengan Ajaib yang baru terjalin, dia berharap dapat menyerupai tambahan investor dari jaringan pemasaran Aperd fintech sebelumnya yang mampu menggaet 300-400 nasabah baru dalam 6 bulan pertama kerja sama. Sebelum Ajaib, Eastspring sudah menggandeng tiga Aperd fintech lain yaitu TanamDuit, Moduit, dan Invisee.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan pemegang saham Eastspring terdiri dari Prudential Asset Management (Hongkong) Ltd 99% dan PT Prudential LIfe Assurance 1%.

Saat ini, Alan mengatakan Eastspring Investments mengelola sekitar Rp 17 triliun dana investasi berbentuk reksa dana dan sekitar Rp 71 triliun berbentuk kontrak pengelolaan dana (KPD). Reksa dana tersebut terdiri dari reksa dana konvensional dan reksa dana syariah.

Untuk reksa dana syariah, perusahaan mengelola sekitar Rp 10 triliun dana investasi di mana reksa dana pasar uang syariah perseroan yaitu Eastspring Syariah Money Market Khazanah

Anderson Sumarli, CEO Ajaib, mengatakan salah satu ketertarikan untuk menjadi jaringan pemasaran produk Eastspring Investments adalah reksa dana pasar uang syariah yang memiliki dana kelolaan jumbo tersebut yang dapat menjadi pintu pertama bagi investor milenial pemula.


Selain itu, untuk menyasar investor milenial pemula, Anderson mengatakan perseroan sudah memiliki beberapa strategi baru yaitu membuat fitur tujuan investasi khusus yang dinilai cocok untuk milenial.

"Sekitar [roughly] 90% investor kami adalah milenial, saat ini total investor sudah mencapai ratusan ribu. Kami mencoba melihat cara pikir milenial, di mana anak muda sekarang senangnya berinvestasi dengan tujuan yang sudah jelas."

Tujuan jelas itu dapat berupa membeli motor, mobil, apartemen, atau bahkan rumah suatu hari nanti dengan berinvestasi pada reksa dana. Selain itu, perusahaan juga baru memiliki fitur baru yaitu reksa dana tematik seperti fokus pada sektor infrastruktur atau fokus pada sektor keuangan.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading