Lagi Hits, Ini Tips Memulai Investasi Emas Syariah

Syariah - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 September 2019 12:19
Lagi Hits, Ini Tips Memulai Investasi Emas Syariah Foto: Emas Batangan dan Koin dalam brankas Pro Aurum di Munich, Jerman pada 14 Agustus 2019. (REUTERS/Michael Dalder)
Jakarta, CNBC Indonesia - MUI telah memutuskan beberapa instrumen investasi mendapatkan label syariah, sehingga bisa menjadi pilihan bagi para investor muslim. Mereka adalah investasi reksa dana syariah, properti syariah, SBSN dan investasi emas.

Khusus emas, instrumen ini paling banyak menjadi pilihan karena harganya mempunyai keunggulan seperti harganya yang cenderung stabil.

Menurut Financial Planner, Kaukabus Syarqiah tips paling penting dalam berinvestasi emas adalah tentukan tujuan dan jika sudah punya keinginan maka langsung saja beli tanpa perlu menimbang banyak hal.


"Tentukan tujuan, ini penting. Karena kalau tidak ada tujuan, teman-teman akan lost. Akan cepet banget jual emas, karena harganya sama. Kalau saham kan naik turun, kalau ini kan stabil gitu-gitu aja," ujar Kaukabus.


"Selanjutnya langsung beli saja emas tanpa perlu banyak menimbang. Karena harga emas syariah dan emas biasa sama saja sebenarnya," lanjutnya.

Kaukabus juga menjelaskan mengapa ada perbedaan harga emas di toko A dan toko B.

"Sebenarnya ini mekanisme pasar biasa. Misalnya di toko A harga emasnya mahal tapi toko B harganya lebih murah dari Antam, itu kenapa? Karena harga Antam adalah patokan emas seluruh Indonesia," imbuhnya.

Menurutnya, pedagang emas atau bank dan pegadaian sama-sama penjual yang mencari keuntungan.

"Maka, mereka pasti akan mematok di atas harga Antam karena perlu margin, maka tiap toko memang berbeda harganya. Ketika emas keluar dari Antam, maka pasar yang akan bermain," tutupnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading