Agar Hidup Berkah, AyoHijrah ala Bank Muamalat

Syariah - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
08 October 2018 22:39
Agar Hidup Berkah, AyoHijrah ala Bank Muamalat
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengajak masyarakat untuk berhijrah, khususnya dalam hal layanan perbankan melalui kampanye #AyoHijrah. Kampanye ini diluncurkan pada hari Senin, (8/10/2018 di Muamalat Tower, Jakarta.

Chief Executive Officer (CEO) Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, konsep berhijrah meliputi tiga hal, diantaranya memulai, melengkapi dan menyempurnakan (kaffah). Hal tersebut dapat dimulai dari hal-hal yang simpel, tidak hanya berhijrah untuk ibadah tapi juga dalam penggunaan layanan keuangan yang sesuai dengan syariat.

"Hijrah punya makna yang luas. Bagi yang belum berhijrah, kampanye ini bisa jadi momentum untuk memulai, dan bagi yang sudah memulai berhijrah agar dapat melengkapi serta menyempurnakan diri dengan ajaran yang sesuai syariat," kata Permana.


Pada peluncuran ini Bank Muamalat sekaligus memperkenalkan nama baru untuk produk layanan perbankan dengan menyematkan kata "Hijrah". Contohnya antara lain Tabungan iB Hijrah, Tabungan iB Hijrah Prima dan Deposito iB Hijrah.

Permana menambahkan, kampanye #AyoHijrah dilandasi oleh cita-cita perseroan yang ingin menjadi pusat ekosistem ekonomi syariah di Indonesia. Bank Muamalat ingin turut membangun industri halal di dalam negeri yang diselaraskan dengan perkembangan teknologi digital.

"Peluang bank syariah untuk tumbuh masih amat besar. Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan pertumbuhan ekonomi juga cukup baik," imbuhnya.

Selain itu, sebagai bank syariah pertama di Indonesia, Bank Muamalat ingin berkontribusi dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan melalui gerakan ini. Saat ini Bank Muamalat berkontribusi terhadap 15% pangsa pasar bank syariah secara nasional.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan di Indonesia pada tahun 2016 baru mencapai 29,16%, dengan tingkat kesadaran literasi keuangan syariah pada tahun yang sama hanya 8,11%. Di sisi lain, pangsa pasar perbankan syariah saat ini masih berada di kisaran 5,7%.

Sebagai informasi, total jaringan kantor cabang Bank Muamalat sebanyak 276 dengan 1,5 juta nasabah. Jaringan tersebut didukung oleh 103 mobile branches dan 710 ATM. (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading