Disebut Halal, Bitcoin Diterima di Masjid London untuk Donasi

Syariah - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 May 2018 20:31
Disebut Halal, Bitcoin Diterima di Masjid London untuk Donasi
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah Masjid di London disebut sebagai yang pertama di dunia yang menerima sumbangan Bitcoin, satu bulan setelah seorang cendekiawan Islam menyatakan cryptocurrency (mata uang digital) diizinkan berdasarkan Hukum Syariah.
 
The Shacklewell Lane Mosque di Hackney mengumumkan mereka berharap untuk mengumpulkan setidaknya £10.000 donasi dalam bentuk cryptocurrency selama Ramadan, baik melalui Bitcoin maupun Ethereum. Muslim diminta untuk memberikan 2,5% dari kekayaan mereka selama 30 hari perayaan Ramadhan sebagai bagian dari zakat.

"Kami mencoba menarik khalayak yang lebih luas dengan uang baru," kata Erkin Guney, Ketua Dewan Pengawas, kepada The Hackney Gazette, seperti dilansir Independent, Kamis (24/5/2018)
 
"Ini besar di dunia Islam, dan kami telah menyiapkan platform bagi Muslim yang lebih kaya di luar komunitas kami untuk mendukung dan menyumbang ke masjid kami."
 
Bulan lalu, Muhammad Abu-Bakar dari Blossom Finance di Indonesia mengeksplorasi fungsi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya untuk menentukan apakah mereka cocok dengan definisi uang Islam yang sangat ketat.
 
"Beberapa fatwa baru-baru ini yang dikeluarkan oleh para cendekiawan Muslim terkemuka menawarkan pendapat yang tidak lengkap atau bertentangan mengenai topik tersebut," kata Matthew Martin, CEO Blossom Finance.
 
"Dengan semua kebingungan di luar sana, kami ingin menawarkan panduan yang jelas yang didukung oleh penelitian yang solid yang menguntungkan baik orang awam maupun praktisi keuangan Islam."
 
Kesimpulan dari penelitiannya adalah bahwa Bitcoin pada prinsipnya diperbolehkan karena diterima oleh berbagai pedagang global.
 
Alamat dompet Bitcoin yang digunakan oleh masjid untuk menerima cryptocurrency sejauh ini hanya menerima satu donasi, bernilai lebih dari £100 sesuai harga hari ini.
 
Gurmit Singh, pendiri startup blockchain Combo Innovation, yang membantu menyarankan masjid untuk menyiapkan dompet bitcoin, berharap mendapat lebih banyak donasi.
 
"Jika umat Islam, yang merupakan seperempat dari populasi dunia memiliki hanya 1% dari bircoin, atau £ 1,04 miliar, maka akan ada £ 26 juta dalam kontribusi Zakat saat jatuh tempo," kata Singh.
 
"Kemungkinan jumlah sebenarnya bisa jauh lebih banyak. Saat ini hampir tidak ada masjid atau badan amal Islam yang menerima zakat dalam cryptocurrency. Mereka berpotensi tidak menerima jutaan pound."





(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading