Special Interview

Sasar Anak-anak, NBA Sedang Siapkan Pasar Masa Depan

Profil - Prima Wirayani & Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
29 July 2018 16:45
Sasar Anak-anak, NBA Sedang Siapkan Pasar Masa Depan
Jakarta, CNBC Indonesia - Meski tak sepopuler sepakbola, olahraga bola basket memiliki penggemarnya sendiri di Asia, begitu juga di Indonesia. Liga bola basket profesional Amerika Serikat (AS) National Basketball Association (NBA) menyadari hal itu.

Dalam sebuah wawancara di bulan Mei, Wakil Komisaris sekaligus COO NBA Mark Tatum mengatakan NBA kini ingin memfokuskan usahanya di kawasan Asia Tenggara dan Asia-Pasifik yang lebih luas.

Dengan merujuk pada Filipina, Indonesia, Thailand, Jepang, dan Australia sebagai pasar besar NBA selanjutnya, Tatum berkata "basket di Asia Tenggara tidak pernah sebagus ini dan [olahraga] itu berkembang sangat pesat".


Hal senada diungkapkan Managing Director NBA Asia Scott Levy dalam wawancara dengan CNBC Indonesia di Jakarta hari Jumat (27/7/2018). NBA melalui program Jr. NBA tengah berupaya mendekatkan anak-anak dengan olahraga ini sehingga harapannya generasi muda Indonesia kelak dapat tumbuh mencintai bola basket dan dengan sendirinya menjadi pangsa pasar baru bagi NBA.

Berikut adalah petikan wawancara jurnalis CNBC Indonesia, Rehia Sebayang dan Prima Wirayani, dengan Scott Levy yang bekerja langsung di bawah Mark Tatum.

Apa yang sedang NBA lakukan di pasar Asia Tenggara dan Indonesia khususnya?

Kami fokus untuk melakukan dua hal yang kami sukai, yaitu menumbuhkan permainan bola basket agar lebih banyak anak menyukai olahraga, tetapi juga memastikan bahwa mereka memahami bagaimana olahraga dapat bermanfaat bagi mereka dalam kehidupan mereka di dalam lapangan dan di luar lapangan.

Jadi, yang kami akan coba lakukan adalah membangun sebuah program yang mengajarkan anak-anak tentang sportivitas, kerja tim, rasa hormat, bagaimana menerapkan apa yang mereka dapatkan di lapangan, makan sehat dengan gaya hidup aktif terlepas dari apakah mereka ingin mengejar karir profesional di olahraga atau tidak.

Jadi, kami membuat program yang disebut Jr NBA. Program itu gratis untuk semua anak. Kami bekerja sama dengan pemerintah di masing-masing negara untuk memastikan bahwa para guru memahami cara mengajar, cara melatih, dan bagaimana memengaruhi anak-anak dan memastikan bahwa mereka memiliki perlengkapan yang berfungsi untuk kurikulum Jr NBA.

Saya berharap bahwa program kami akan menjangkau 40 juta anak pada tahun 2025. Sekarang di Indonesia saja lebih dari 3 juta anak-anak telah melalui program ini.

Bagaimana cara mempromosikan NBA di Indonesia karena tidak banyak stasiun TV yang menayangkannya?

Kami sekarang benar-benar memiliki distribusi konten NBA terluas yang pernah kami miliki di Indonesia. Kami memiliki kemitraan komprehensif dengan Emtek [PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK)]. Jadi mereka menayangkan game [pertandingan] di TV gratis di Indosiar dan channel O sehingga menjangkau seluruh negeri.

Mereka juga memiliki platform video, dengan lebih dari 170 pertandingan, dan kemudian mereka memiliki bola.com yang merupakan situs web olahraga yang mencakup semua NBA dengan lebih banyak artikel wawancara dan statistik dari yang pernah kami miliki.

Selain itu ada NBA.com dan juga JrNBA.asia. Jadi, jika Anda tertarik dengan NBA, kini Anda memiliki lebih banyak cara untuk terlibat dengan hal itu daripada yang pernah ada sebelumnya.

Kami juga sesekali bekerja dengan influencer lokal yang merupakan penggemar berat NBA dan mereka akan berbicara dengan pengikut mereka dan memastikan bahwa mereka akan tahu di mana bisa menonton pertandingan.

Jadi, ada banyak cara kami membawa NBA lebih dekat sejauh ini.

Sasar Anak-anak, NBA Sedang Siapkan Pasar Masa DepanFoto: CNBC Indonesia/Rehia


Bagaimana Anda melihat prospek pemirsa Indonesia ke NBA? Apakah cukup besar saat ini dan bagaimana di masa depan?

Jadi, kami melihat pertanda yang baik. Kami sudah memiliki lebih dari 3,5 juta pengikut media sosial untuk NBA, kami telah mencatatkan jumlah pemirsa televisi lebih dari dua kali lipat selama setahun terakhir, hanya di Indonesia.

Itu bagian dari memiliki mitra yang tepat. Emtek melakukan pekerjaan luar biasa melalui semua aset mereka, mereka memiliki jutaan orang yang mengikuti hal-hal yang Anda tahu dengan apapun aset media mereka dan mereka memastikan orang-orang tahu di mana dapat menemukan NBA.

Jadi, kami telah melihat tanda yang sangat positif saat saya menjelaskan sekarang bahwa kita hampir ada di seluruh negara, kita menyeberangi hampir seluruh Jawa, dan juga Sumatera.

Kami sekarang memiliki program Jr NBA yang melibatkan dan menghubungkan anak-anak dan tentu saja kami membiarkan mereka semua sekarang memiliki minat lebih tinggi terhadap NBA. Jadi, di masa depan cukup menjanjikan, tetapi bahkan saat ini tanda peningkatan ketertarikan yang besar dari penduduk Indonesia sudah terlihat.

Bisa Anda ceritakan tentang NBA Store dan kemitraannya dengan e-commerce Blibli.com?

Kerja sama ini dimulai tahun 2015. Kami melihat lebih banyak keterlibatan, lebih banyak orang berkunjung ke situs, lebih banyak orang membeli produk. Blibli juga telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk mempromosikan ketersediaan produk mereka dan juga program Jr. NBA.

Mereka mempromosikan siaran kami di Emtek serta Emtek mempromosikan Blibli sehingga menciptakan pengalaman penyeluruh.

Semua mitra kami sangat penting dalam kesuksesan kami. Dan ya, kami melihat setiap langkah matematis berada di arah yang benar di seluruh bisnis kami.

Apakah Anda punya rencana untuk bekerja dengan platform e-commerce lainnya?

Kami baru akan memperpanjang kemitraan kami dengan Blibli dan kami pikir semuanya berjalan dengan sangat baik sehingga rencana kami saat ini adalah tetap bersama Blibli.

Kami melihat peningkatan setiap tahun selama tiga tahun, lebih dari 30% dari tahun lalu dengan 100.000 pengunjung unik (unique visitors) setiap bulan. Kami mengirim produk ke 64 kota yang berbeda sehingga kami benar-benar kuat. Itu hanya di Indonesia, hanya melalui Blibli. Dan kita berbicara tentang seratus ribu dari nol pada empat tahun lalu.

Saya melihat angka-angka ini yang benar-benar mulai berakselerasi sehingga... kita melihat masa depan semua tanda-tanda masa depan yang sangat menjanjikan.


Sasar Anak-anak, NBA Sedang Siapkan Pasar Masa DepanFoto: CNBC Indonesia/Rehia




Apa rencana bisnis Anda di masa depan?

Potongan-potongan yang kami tempatkan sebagai fondasi untuk apa yang kami lakukan di program inti Jr. NBA kami.

Kami sekarang berada di usia lima tahun dan kami berencana untuk melanjutkan itu.

Ketika saya menyebutkan bahwa kami menargetkan 40 juta anak pada tahun 2025 dan posisi profesional kami akan berada di Indonesia, kami terus membuat anak-anak tertarik dengan bola basket untuk membuat mereka bermain di level di mana mereka dapat benar-benar memahami permainan dan menikmati permainan yang kami tahu bahwa itu akan menjadikan mereka menonton pertandingan dan membeli barang dagangan dan semua hal positif pada akhirnya terjadi pada bisnis kami.

Oleh karena itu, kami akan tetap berkomitmen dan terlibat dengan komunitas lokal dan bekerja dengan mitra yang telah begitu bermanfaat bagi kesuksesan kami hingga sejauh ini.

Bagaimana cara NBA menghasilkan uang?

Kami menjual tiket, merchandise. Di AS tentu saja adalah tempat kami menjual tiket kami karena di sana pertandingan kami berlangsung. Tetapi, kami memakai bisnis media dalam mendistribusikan pertandingan kami ke seluruh dunia.

Kami juga memiliki merchandise yang dijual melalui e-commerce dengan NBA Store dan di beberapa negara berdiri banyak toko ritel.

Kami memiliki lisensi yang menghasilkan produk menggunakan kekayaan intelektual kami, seperti Nike. Mereka memproduksi kaos dan Take-Two Interactive memproduksi gim videonya.

Perbedaan waktu membuat pertandingan NBA ditayangkan di Indonesia pada pagi hari. Apakah NBA memiliki rencana mengubah jadwal pertandingan sehingga dapat menjangkau lebih banyak penonton di Asia?

Beberapa hal yang saya sarankan mereka [penonton di Asia] lakukan.

Kami memiliki tayangan tunda juga sehingga Anda dapat menontonnya di jam-jam primetime atau nanti di siang hari. Kemudian Anda memiliki akses untuk siaran highlight [cuplikan pertandingan] di begitu banyak ... entah itu melalui media sosial, melalui Youtube, melalui video, ada banyak cara untuk mengikuti permainan.

Kami mencari cara untuk menyesuaikan jadwal kami untuk memudahkan para penggemar menonton tetapi kami hanya fokus pada akhir pekan.

Mungkin di masa depan karena penonton terus tumbuh kami, akan mencoba penyesuaian jadwal kami ebih lanjut. Tetapi, untuk sekarang ini kami benar-benar hanya fokus pada siaran akhir pekan. Hari Sabtu, khususnya. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading