Internasional

Ada Apa Kim Jong Un? Korut Kunci Seluruh Ibu Kota Negara

News - sef, CNBC Indonesia
25 January 2023 15:30
Warga mengunjungi patung perunggu mendiang pemimpin mereka Kim Il Sung, kiri, dan Kim Jong Il dalam rangka peringatan 10 tahun kematian Kim Jong Il di Bukit Mansu di Pyongyang, Korea Utara, Kamis (16/12/2021). (AP/Cha Song Ho) Foto: Warga mengunjungi patung perunggu mendiang pemimpin mereka Kim Il Sung, kiri, dan Kim Jong Il dalam rangka peringatan 10 tahun kematian Kim Jong Il di Bukit Mansu di Pyongyang, Korea Utara, Kamis (16/12/2021). (AP/Cha Song Ho)

Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Utara (Korut) memerintahkan penguncian di ibu kota Pyongyang. Ini berlangsung lima hari, mulai Rabu (25/1/2023) hingga Minggu.

Penduduk diperintahkan tinggal di rumah. Mereka juga harus melakukan pemeriksaan suhu setiap sore.

Menurut situs NK News yang berbasis di Seoul, hal itu akibat penyakit pernapasan yang mewabah saat ini. Namun, kutip AFP, pemberitahuan tak menyebut sama sekali soal Covid-19.

"Orang-orang di kota terbesar Korut tampaknya menimbun barang untuk mengantisipasi penguncian," tulis media itu lagi.

"Tidak jelas apakah daerah lain telah memberlakukan penguncian serupa dan media pemerintah belum mengumumkan tindakan baru apa pun," tambahnya.

Sebelumnya, Korut menyatakan kemenangan atas Covid-19 di Agustus 2022. Pemerintah mengklaim kemasukan kasus pertama di April, lalu menyatakan berhasil melawan corona tiga bulan kemudian.

Para ahli, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah lama mempertanyakan statistik Covid Pyongyang dan mengklaim telah mengendalikan wabah.

Korut memiliki salah satu sistem perawatan kesehatan terburuk di dunia. Rumah sakit tidak lengkap, hanya memiliki unit perawatan intensif dan tidak ada obat perawatan Covid-19.

Korut juga diyakini tidak memvaksinasi 25 juta populasinya. Meskipun laporan menunjukkan bahwa ia mungkin telah menerima beberapa vaksin dari China.

Belum ada konfirmasi pula apakah hal ini terkait mengganasnya Covid-19 China. Media setempat, KCNA, juga belum memberi penjelasan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas Ditembak Kim Jong Un, Korut Sahkan UU Serangan Nuklir


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading