Dahsyat! Jokowi Dapat Durian Runtuh Rp514 Triliun Akhir Tahun

News - Firda Dwi Muliawati, CNBC Indonesia
07 December 2022 13:05
4 Daerah RI Ini Simpan Harta Karun Top 2 Dunia, Kaya Raya! Foto: Infografis/ 4 Daerah RI Ini Simpan Harta Karun Top 2 Dunia, Kaya Raya!/ Ilham Restu

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mencatat, sampai akhir tahun ini nilai ekspor dari turunan nikel atau hilirisasi nikel bisa mencapai US$ 33 miliar atau Rp 514 triliun (kurs Rp 15.600 per US$).

Sampai pada Oktober 2022 ini, nilai ekspor dari hilirisasi nikel itu sudah menembus US$ 28,3 miliar.

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto menyatakan bahwa Indonesia telah melaksanakan pengembangan industri bernilai tambah dari sektor komoditas nikel.

Nilai tambah tersebut seperti yang diketahui dilakukan melalui hilirisasi nikel menjadi besi baja. Bahkan, ke depan dari turunan nikel tersebut akan dikembangkan lagi nilai tambahnya menjadi baterai lithium

Sebagai gambaran, kata Septian Seto, nilai ekspor dari hilirisasi nikel itu pada Oktober ini sudah mencapai US$ 28,3 miliar. Ditargetkan sampai dengan akhir tahun ini angkanya bisa mendekati US$ 33 miliar atau Rp 514 triliun. "Kami estimasi angka mendekati US$ 33 miliar. Ini adalah suatu yang sangat signifikan," terang Septian Seto dalam Forum Kemitraan Investasi, Rabu (7/11/2022).

Memang, saat ini pemerintah sedang gencar mengembangkan hilirisasi sektor pertambangan sebagai cara meningkatkan nilai tambah.

Septian Seto menyebutkan, jaman dulu mindset ekonomi Indonesia seperti 'ayam' atau dalam hal ini menggali kemudian di makan. Kemudian berlanjut dengan ekonomi 'monyet' ketika dipetik langsung di makan. "Saya kira mindsetnya berubah bagaimana kita menggunakan SRM kita, kekayaan kita yang mentah menjadi value addednya lebih tinggi. Itu akan signifikan dampaknya,"

"Kita sudah mulai nikel dari besi baja, kita akan mengarah pada baterai litium," tandas Septian Seto.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hore! Jokowi Ketiban Durian Runtuh Rp450-an Triliun Dari Sini


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading