Perhatian! Jokowi Akan Segera Umumkan Larangan Ekspor Bauksit

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
06 December 2022 21:37
Presiden Joko Widodo Foto: Dokumentasi Twitter Sekretariat Kabinet

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dirinya akan segera mengumumkan kebijakan soal pelarangan ekspor mineral mentah bauksit dalam waktu dekat ini.

Presiden mengatakan, hilirisasi pertambangan adalah sesuatu yang konsisten dan harus terus dilakukan untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi negara ini.

Setelah kebijakan pelarangan ekspor bijih nikel pada 2020 lalu, dalam waktu dekat pemerintah akan melarang ekspor bauksit.

"Tadi pagi, kita sudah berbicara mengenai, setelah nikel, tadi pagi kita telah berbicara mengenai bauksit. Dan, segera kita putuskan kapan akan kita larang ekspor bahan mentah dari bauksit. Segera akan kita umumkan, karena investasi juga menyangkut pembukaan lapangan kerja yang sangat diperlukan saat ini," ungkap Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (06/12/2022), yang ditayangkan melalui kanal YouTube Sekretarian Presiden.

Jokowi mengatakan hal ini dalam hal kaitannya dengan upaya peningkatan investasi. Menurutnya, kunci pertumbuhan ekonomi di 2023 ini selain belanja atau konsumsi, juga terkait pengendalian inflasi dan peningkatan investasi.

"Kemudian yang ketiga yang berkaitan dengan peningkatan investasi. Karena kunci pertumbuhan ekonomi di 2023 selain tadi belanja yang menyangkut konsumsi, kemudian pengendalian inflasi, peningkatan investasi ini harus. Tidak bisa ditawar-tawar lagi karena ini sangat mempengaruhi growth kita, sehingga yang namanya hilirisasi industri itu konsisten terus akan kita lakukan," tuturnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah menegaskan berkali-kali bahwa Pemerintah Indonesia akan melarang ekspor bahan mineral mentah. Selain sukses melarang ekspor bijih nikel sejak 2020 lalu, pemerintah juga akan melarang ekspor bauksit, timah, hingga konsentrat tembaga.

Hal ini dilakukan guna mendorong nilai tambah bagi negara ini karena komoditas yang diekspor nantinya bukan lagi berupa mineral mentah, melainkan produk yang telah diolah di dalam negeri, sehingga harga jualnya meningkat berkali-kali lipat.

Bauksit merupakan bahan baku untuk alumina dan kemudian dari alumina bisa diolah lagi menjadi aluminium. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aneh! RI Punya Harta Karun Dunia Tapi Kok Gak Dipakai


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading