Besok Harga BBM Turun Lagi? Ini Kata Pertamina..

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
30 November 2022 12:57
Ilustrasi Pertamax Turbo (CNBC Indonesia/ Tri Susilo) Foto: Ilustrasi Pertamax Turbo (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah dunia saat ini mulai menunjukkan tren penurunan dan berada di level US$ 80-an per barel. Kondisi tersebut tentunya bakal berpengaruh pada penentuan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri.

Untuk diketahui, penyesuaian harga BBM non subsidi oleh badan usaha termasuk oleh PT Pertamina (Persero) biasanya dilakukan setiap bulannya pada tanggal 1. Lantas dengan adanya tren penurunan harga minyak mentah apakah harga BBM pada 1 Desember ikut turun?

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan pihaknya masih akan melakukan review terhadap pergerakan harga minyak mentah yang masih fluktuatif. "Sedang kita review. Ya (biasanya setiap tanggal 1) kita tunggu reviewnya," kata Irto kepada CNBC Indonesia, Rabu (30/11/2022).

Berdasarkan data Bloomberg pada Rabu siang ini (30/11/2022), harga minyak mentah dunia jenis Brent untuk kontrak pengiriman Januari 2023 berada di level US$ 83,98 per barel. Sementara harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Januari 2023 berada di level US$ 79,10 per barel.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution sebelumnya mengatakan bahwa hingga kini pihaknya masih menanti pergerakan harga minyak mentah di pasar global. Dengan demikian, ia belum dapat memastikan kapan harga BBM jenis RON 92 atau Pertamax dapat turun.

"Kan cuma 1 Pertamax doang, yang lainnya lebih murah. Kita tergantung lihat harga pasar ya, ada kemungkinan turun sih pasti ada, ada tetap. Tergantung market lah ya, itu kan ada formulasinya tuh, formulasi dari Kementerian ESDM," kata Alfian di gedung DPR RI, Senin (21/11/2022).

Pertamina sebelumnya telah melakukan penyesuaian harga BBM non subsidi untuk beberapa produk per 1 November 2022. Diantaranya seperti Pertamax Turbo, Dexlite dan juga Pertamina Dex.

Adapun untuk harga BBM Solar Non Subsidi di wilayah DKI Jakarta seperti Dexlite naik dari yang sebelumnya Rp 17.800 per liter menjadi Rp 18.000 . Sementara, Pertamina Dex naik dari yang sebelumnya Rp 18.100 per liter Rp menjadi 18.550 per liter.

Namun demikian, untuk harga BBM Pertamax Turbo sendiri justru turun dari yang sebelumnya Rp 14.940 per liter menjadi Rp 14.300 per liter. Sementara harga Pertamax sendiri saat ini masih berada di level Rp 13.900 per liter.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Biden Desak Harga BBM AS Turun, RI Gimana Pak Jokowi?


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading