Ramai PHK di RI, PNS Diminta Bersyukur Masih Gajian On Time

News - Redaksi, CNBC Indonesia
29 November 2022 18:15
INFOGRAFIS, Gokil PNS ini Gajinya Lebih dari Rp 100 Juta Foto: Infografis/ Gaji PNS/ Edward Ricardo

Jakarta, CNBC Indonesia - Aparatur sipil negara (ASN), termasuk pegawai negeri sipil (PNS) diminta untuk bersyukur, sebab dalam situasi sekarang masih mendapatkan gaji yang tepat waktu, tanpa potongan.

Hal ini disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-51, Selasa (29/11/2022).

Bandingkan dengan karyawan swasta yang harus merasakan pemotongan gaji hingga pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Jadi jangan cuma lihat ke atas, atasan seperti apa. Lihat juga rekan-rekan juga yang di swasta, mereka hidup dari perusahaan, perusahaan tumbang mereka tumbang," jelasnya.

PHK melanda perusahaan Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Situasi ini terjadi pada berbagai industri, termasuk startup kelas atas.

Gaji PNS tidak akan dibayar, kata Tito ketika negara bangkrut. Bahkan ketika penerimaan negara turun drastis ketika pandemi covid-19, gaji PNS tetap dibayarkan seperti biasa.

"Negara gak akan bayar kalau negara ini bangkrut," ujarnya.

Maka dari itu, PNS harus bekerja bersungguh-sungguh agar negara tetap kuat ke depannya agar mampu menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih. "Kuncinya di ASN yang empat juta," tegas Tito.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pesan Menohok Buat PNS: Jangan Buat Publik Marah!


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading