Terungkap! 33 PLTU yang Bakal Disuntik Mati Berdasarkan Ini..

News - pgr, CNBC Indonesia
15 November 2022 15:20
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PLN Enjiniring dan Kepco Engineering and Construction Company Inc, Foto: dok. PLN

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, ada sebanyak 33 pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara yang rencananya akan disuntik mati atau dipensiun dini. 33 PLTU batu bara itu berkapasitas 16,8 Giga Watt (GW).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Diirjen Ketenagalistrikan) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menyebutkan, bahwa 33 PLTU batu bara yang akan dipensiunkan dini itu baru masuk dalam kajian, sehingga belum bisa ditetapkan kapan waktu berakhirnya pemakaian PLTU batu bara itu.

"Masih disusun road mapnya," ungkap Dadan kepada CNBC Indonesia, Selasa (15/11/2022).

Lalu apa yang menjadi pijakan pemerintah memilih 33 PLTU batu bara untuk disuntik mati itu? Dadan mengatakan, salah satu alasan pemerintah melakukan pensiun dini PLTU batu bara dilihat berdasarkan usia pembangkit.

"Iya salah satunya tahun beroperasi/umur, keperluan dalam sistem, kinerja PLTU dan juga ada dukungan pendanaan," tandas Dadan. Sayang, Dadan belum mau membeberkan berapa usia yang tepat pensiunkan dini PLTU batu bara itu.

Sebelumnya, dalam pidatonya di Grand Launching Indonesia Energy Transition Mechanism, Senin (14/11/2022) di Bali. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM, Rida Mulyani membeberkan, untuk mencapai target netral karbon atau net zero emission (NZE) di tahun 2060 atau lebih cepat, pihaknya mendorong pengembangan pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT) termasuk diantaranya adalah penggunaan gas sebagai menjembatani transisi energi dalam mengatasi intermitensi.

Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan campuran biomassa untuk pembangkit PLTU batu bara. "Yang ketiga kami akan menerapkan rencana pensiun dini untuk PLTU batu bara setidaknya 33 unit dengan total kapasitas 16,8 Giga Watt (GW)," ungkap Rida.

Belum diketahui memang, detil masing-masing kapasitas dari 33 unit PLTU batu bara yang akan dipensiunkan dini oleh pemerintah. Kementerian ESDM juga belum membeberkan milik siapa saja dan tahun berapa PLTU batu bara itu akan dipensiunkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

"Suntik Mati" PLTU Batu Bara, Begini Jurus Sri Mulyani..


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading