Kajian Kerja Sama IBC & EV Inggris Diramal Tuntas Mid 2023

News - rahajeng kusumo, CNBC Indonesia
11 November 2022 20:47
Mobil Listrik Arrival (Tangkapan Layar Arrival.com) Foto: Mobil Listrik Arrival (Tangkapan Layar Arrival.com)

Badung, CNBC Indonesia - Belum lama ini Holding BUMN Tambang MIND ID menggandeng Arrival Ltd, produsen kendaraan listrik asal Inggris, untuk membangun pabrik mikro baterai dan mengembangkan kendaraan listrik (electric vehicle/ EV) di Indonesia.

CEO Indonesia Battery Corporation Toto Nugroho mengatakan, saat ini masih dilakukan studi kelayakan tahap satu untuk kelanjutan rencana kerja sama kedua perusahaan dan diperkirakan akan selesai dalam 3-4 bulan. Jika hasil studi kelayakan bagus, maka akan dilanjutkan ke tahap dua, yakni produksi.

"Tahap dua (produksi) sekitar dua bulan. Jadi totalnya 4-5 bulan," kata Toto kepada CNBC Indonesia di sela B20 Investment Forum di Bali, Jumat (11/11/2022).

Jika studi kelayakan bagus, maka Arrival Ltd bisa langsung melakukan investasi dan membangun micro factory di Indonesia. Meski demikian, masih belum ada angka pasti untuk nilai investasinya.

"Kalau studi kelayakan bagus, mereka akan investasi dan set up factory. Dia sudah ada investasi di beberapa negara lain," kata dia.

Nantinya, kendaraan listrik yang diproduksi bukanlah kendaraan komersial penumpang seperti yang sudah ada. Melainkan kendaraan logistik yang menjadi kebutuhan rantai pasok.

"Jadi kebutuhan logistik ini kan banyak, jadi base load kendaraan yang akan dibutuhkan," pungkas Toto.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kadin RI Gelar B20 Net Zero Summit di Bali


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading