AP I Sediakan 40 Slot Parkir Pesawat untuk Biden Cs di Bali

News - Hadijah Alaydrus, CNBC Indonesia
09 November 2022 14:30
Susana parkir pesawat VVIP I Gusti Ngurah Rai, Bali jelang KTT G20. (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Susana parkir pesawat VVIP I Gusti Ngurah Rai, Bali jelang KTT G20. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan sebanyak 40 slot parkir inap pesawat (remain overnight/RON) dari kapasitas 62 slot yang ada di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Direktur PT Angkasa Pura (AP) I Faik Fahmi mengungkapkan 40 slot RON ini bisa digunakan untuk kepentingan G20, termasuk tamu negara yang akan hadir di Bali.

"Ada 62, yang 40 bisa dipakai untuk kepentingan G20. Sisanya untuk keperluan lain," tegas Faik kepada CNBC Indonesia, Rabu (9/11/2022).

AP I bersama dengan Kementerian PUPR menyiapkan gedung VVIP yang baru dibangun dalam 3,5 bulan untuk transit kepala negara, serta VIP 2 untuk para menteri.

Kemudian, bagi tamu penting yang membawa jet pribadi, AP I menyiapkan dua terminal khusus. Rencananya, tamu kepala negara G20 akan mulai berdatangan pada 13-14 November 2022. Dari daftar yang diterima AP I, ada sebanyak 20 kepala negara G20 atau yang mewakili, 9 kepala negara dengan undangan khusus dan 10 tokoh penting.

Faik menegaskan AP I akan berupaya untuk menjaga arus lalu lintas Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dia menjamin penerbangan regular atau komersial tidak akan terganggu.

Jika ada delay atau keterlambatan penerbangan, AP I akan selalu berkoordinasi dengan maskapai.

"Skenario yang kita siapkan walau terjadi delay karena VVIP sudah kita info lebih awal, kami sudah koordinasi dengan pihak ground handling," ujarnya.

"Untuk bisa memastikan kalau dari awal sudah ketahuan delay enam jam, penumpang jangan buru-buru ke Bandara, penumpang menyesuaikan dengan schedule baru," papar Faik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! 10 Jalan Ini Terapkan Aturan Ganjil-Genap Selama G20


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading