Cair! BLT BBM Sudah Disalurkan ke 20 Juta KK, Termasuk Kamu?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
29 September 2022 14:45
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitanb Saat Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitanb Saat Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) Tahap 1 sebesar 96,6% dari total anggaran Rp 5,6 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, BLT BBM tahap 1 tersebut telah diberikan kepada 19,95 juta keluarga penerima manfaat.

"Pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial untuk melindungi daya beli masyarakat melalui bansos tunai BBM tahap 1 total anggaran Rp 5,6 triliun, dan telah disalurkan 96,6% atau kepada 19,95 juta keluarga penerima manfaat," tuturnya dalam 'Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda' di Jakarta, Kamis (29/09/2022).

Selain itu, lanjutnya, pemerintah juga telah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada lebih dari 7 juta pekerja atau 48,3% dari anggaran.

"Pada Oktober ini Pemda akan realisasikan penggunaan dana transfer umum. 2% dana transfer umum," katanya.

Dia pun melaporkan, terkait penggunaan belanja tidak terduga rata-rata realisasi tingkat provinsi baru tercapai 11,23%, di tingkat kabupaten/kota baru 15,69%. Selanjutnya, realisasi bansos tingkat provinsi 46% dan tingkat pemerintah kabupaten 39%.

"Angka realisasi bansos masih cukup rendah, makanya penyalurannya perlu dipercepat, dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan menjaga daya beli masyarakat," tandasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BLT Sudah Disebar ke Rp 8,1 Juta Orang! Kamu Sudah Terima?


(wia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading