Bagaimana Cara Anda Dapat Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu?

News - cha, CNBC Indonesia
02 September 2022 08:20
Bocoran terbaru, Kapan Harga BBM Naik Pasca Bansos BLT Disebar Jokowi Foto: Infografis/Bocoran terbaru, Kapan Harga BBM Naik Pasca Bansos BLT Disebar Jokowi/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mulai menyebar bantuan sosial (bansos) bahan bakar minyak (BBM) sejak Selasa, 31 Agustus 2022. Bantuan ini diberikan sebagai antisipasi adanya lonjakan harga, salah satunya kenaikan harga BBM subsidi.

Berdasarkan hasil rapat terbatas di Istana Kepresidenan awal pekan ini, total dana yang disepakati pemerintah untuk menambah dana bansos mencapai Rp 24,17 triliun, di mana sebagian alokasi sebesar Rp 12,4 triliun akan diberikan untuk BLT.

Adapun penerima BLT BBM adalah 20,65 juta kelompok keluarga yang sudah masuk dalam klasifikasi pemerintah. Lantas, bagaimana cara Anda mendapatkan BLT BBM Rp 600 ribu?

Sebagai catatan, penerima BLT BBM bukanlah orang menengah ke atas. Apalagi, dana bantalan BLT BBM berasal dari pengalihan subsidi energi yang memang selama ini dinikmati orang yang mampu.

Penerima BLT BBM juga tidak perlu repot-repot mengecek sana sini untuk mengetahui apakah mereka mendapatkan bantuan atau tidak. Bansos akan langsung dikirim melalui PT Pos Indonesia (Persero).

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi saat mendampingi Jokowi beberapa waktu lalu menyatakan kesiapannya untuk mengemban amanah sekaligus tugas negara ini. Koordinasi mengenai data penerima manfaat dengan Kementerian Sosial akan diintensifkan sehingga data 20,6 juta orang bisa segera diperoleh.

"Data penerima secara bertahap akan kami terima. Saat ini data yang masuk sudah ada 1,5 juta orang dan kami langsung mengirimkan undangan ke alamat masing-masing dengan keterangan jadwal dan lokasi pengambilan BLT BBM," ujar Faizal, dalam keterangan resmi, seperti dkutip Jumat (2/9/2022).

Ia menambahkan, penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan dengan tiga cara. Pertama, mengambilnya di kantor pos terdekat bagi penerima manfaat yang berdomisili dalam radius sekitar 500 meter dari kantor pos.

Kedua, menyalurkan melalui komunitas, seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan. Ketiga, diantar langsung ke setiap rumah bagi kalangan disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3 T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

"Kami targetkan dalam dua minggu semua penerima manfaat BLT BBM akan menerima haknya. Oleh karena itu, kami juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak luar, seperti merekrut mahasiswa dan masyarakat sebagai tenaga juru bayar," katanya

Artikel Selanjutnya

Jokowi Bagi-bagi BLT Rp 300.000, Nama Anda Ada di Daftar Ini?


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading