Mulai 2023, Bayar Tol Tanpa Berhenti & Bisa Booking! Caranya?

News - redaksi, CNBC Indonesia
26 September 2022 07:05
BERTAHAP MULAI TAHUN INI BAYAR TOL TAK LAGI PAKAI KARTU Foto: CNBC Indonesia TV

Jakarta, CNBC Indonesia - Sistem pembayaran tol tanpa buka kaca dan berhenti alias Multi Lane Free Flow bakal diberlakukan mulai tahun 2023. Rencananya, aplikasi penunjang untuk sistem ini akan dirilis ke publik pada Desember 2022 nanti.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan, untuk melintasi jalan tol dengan MLFF, pengguna jalan tol diwajibkan mengunduh aplikasi Cantas untuk melakukan proses pembayaran.

Aplikasi ini bakal dirilis ke publik pada bulan Oktober nanti, tapi belum bisa diunduh. Karena masih tahap tes, konsultasi, lalu kaji ulang. Setelah itu, di bulan Desember 2022, akan dirilis versi baru yang bisa diakses publik.

Lalu, apa sih itu MLFF? Benarkan bisa booking dan bayar dulu sebelum melintas jalan tol dituju?

Mengutip akun resmi Instagram @/pupr_bpjt, MLFF atau sistem pembayaran tol tanpa berhenti ini adalah sistem yang diterapkan pada saat kendaraan sedang melaju.

Artinya, tidak akan ada lagi transaksi di pintu tol sehingga dapat mempersingkat waktu perjalanan.

"Sistem ini menggunakan teknologi Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) yang memindahkan metode transaksi tol yang sebelumnya berbasis Chip menjadi pembayaran berbasis akun dan server," demikian unggahan pupr_bpjt dikutip Senin (26/9/2022).

Pengguna jalan cukup mengunduh aplikasi pada perangkat/smartphone untuk dapat melakukan pembayaran tol.

Saat akan memulai perjalanan, pengguna diminta melakukan aktivasi aplikasi pada perangkat dengan menekan tombol mulai.

"Ponsel (telepon seluler) pengguna akan mengirimkan sinyal GPS ke Sistem pusat MLFF, dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan serta memotong saldo secara otomatis."

Disebutkan, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah memulai konstruksi transaksi tol menuju sistem MLFF.

"Penggunaan teknologi uang elektronik chip based dengan tapping telah menghemat waktu transaksi. Yang sebelumnya menggunakan cash, dari 10 detik ke 4 detik."

Dengan MLFF, pembayaran tol tanpa tap di gerbang atau nirsentuh, tak lagi harus berhenti dan antre membayar.

"Penggunaan MLFF bisa menghilangkan waktu antrean menjadi nol detik. Manfaat lain adalah efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir bahan bakar kendaraan," demikian mengutip @/pupr_bpjt.

Rencananya, uji coba MLFF akan dilakukan pada Januari 2023. Aplikasi sudah diuji dari ketepatan membaca titik lokasi yang lebih baik, hingga kemampuan digunakan pada smartphone versi low end.

Adapun 5 ruas tol lokasi uji coba MLFF adalah:

- tol Bali Mandara
- tol Jagorawi
- tol Jakarta-Cikampek
- tol Dalam Kota, dan Tol JORR,

yang nantinya akan dipasangi kamera pendeteksi.

Tak Punya Smartphone

Danang menjelaskan nantinya pengguna jalan bisa menggunakan route ticket atau melakukan booking rute di website Cantas.

"Jadi seperti di Australia kita pesan dulu sebelum berangkat, mau lewat mana nanti langsung dibayarkan. Jadi nggak harus punya smartphone kalau belum punya," katanya.

Sedangkan jika ternyata rute perjalanan tidak sesuai apa yang dibayarkan, itu termasuk kategori pelanggaran yang akan diberikan sanksi administratif. Sehingga jika tidak sesuai diwajibkan langsung melakukan penyesuaian pembayaran rute dalam waktu dua jam.

"Dia punya waktu 2 jam untuk membayar kekurangannya," kata Danang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bayar Tol Tanpa Buka Kaca Berlaku 2022, Kemacetan Berkurang?


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading