Waspada! BMKG RIlis Peringatan Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
10 September 2022 12:00
Banjir di Kawasan Bumi Harapan Permai, Kampung Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur.  Akibat intensitas hujan lebat, Jumat  (19/Februari/2021) kemarin. Menurut Satpam yang bertugas Syahrul, air mulai masuk di kawasan komplek pada pukul 2.00 dini hari melalui anak kali Cipinang. Ditambah hujan yang belum berhenti hingga pukul 13.00 Ketinggian banjir terdalam mencapai dada orang dewasa orang dewasa. Bahkan di beberapa blok harus dievakuasi dengan perahu karet.(CNBC Indonesia/Emir) Foto: Banjir di Kawasan Bumi Harapan Permai, Kampung Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur. Akibat intensitas hujan lebat, Jumat (19/Februari/2021) kemarin. Menurut Satpam yang bertugas Syahrul, air mulai masuk di kawasan komplek pada pukul 2.00 dini hari melalui anak kali Cipinang. Ditambah hujan yang belum berhenti hingga pukul 13.00 Ketinggian banjir terdalam mencapai dada orang dewasa orang dewasa. Bahkan di beberapa blok harus dievakuasi dengan perahu karet.(CNBC Indonesia/Emir)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengindikasi terdapat signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia untuk sepekan ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto mengatakan potensi cuaca ekstrem tersebut diidentifikasi dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer seperti adanya potensi belokan dan perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan.


"Selain itu aktifnya fenomena atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO), Gelombang Rossby Ekuatorial, dan Gelombang Kelvin dalam sepekan ke depan dapat turut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan," ujarnya dikutip dari siaran resmi, Sabtu (10/9/2022).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG mengeluarkan informasi Prakiraan Berbasis Dampak Hujan Lebat dengan Kategori SIAGA untuk periode 3 (tiga) hari kedepan (10-12 September 2022) berpotensi terjadi di wilayah DKI Jakarta dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan untuk potensi curah hujan dengan Intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang sepekan kedepan (10 - 16 September 2022) dapat terjadi juga di wilayah sebagai berikut:

1. Kep. Riau

2. Jambi

3. Bengkulu

4. Sumatera Selatan

5. Kep. Bangka Belitung

6. Lampung

7. Banten

8. DKI Jakarta

9. Jawa Barat

10.Jawa Tengah

11.DI Yogyakarta

12.Jawa Timur

13.Kalimantan Barat

14.Kalimantan Timur

15.Kalimantan Utara

16.Sulawesi Utara

17.Gorontalo

18.Sulawesi Tengah

19.Sulawesi Barat

20.Sulawesi Tenggara

21.Maluku Utara

22.Maluku

23.Papua Barat

24.Papua

Guswanto mengimbau, pihak-pihak terkait melakukan persiapan seperti memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Kemudian diimbau juga untuk terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia website BMKG https://www.bmkg.go.id


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

BMKG Ingatkan Gelombang Sangat Tinggi, Waspada di Lokasi Ini


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading