Asik! Subsidi Gaji Rp 600 RIbu Sebentar Lagi Cair

News - cha, CNBC Indonesia
02 September 2022 14:21
Infografis: Subsidi Gaji Bisa Gagal Cair Gara-Gara Masalah Remeh Ini Foto: Infografis/Subsidi Gaji Bisa Gagal Cair Gara-Gara Masalah Remeh Ini/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kini tengah memfinalisasi tahap akhir petunjuk teknis (juknis) yang akan menjadi dasar pemerintah dalam menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) berupa subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada para pekerja yang memiliki penghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan. Pemerintah sendiri telah mengalokasikan dana sebesar Rp 9,6 triliun untuk 16 juta pekerja yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengemukakan saat ini otoritas ketenagakerjaan masih memfinalisasi juknis penyaluran subsidi gaji, termasuk aturan turunan penyaluran bantuan tersebut.

"Finalisasi, termasuk regulasi Permennya," kata Anwar saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Jumat (2/9/2022).


Juknis ini akan menjadi acuan pemerintah dalam menyalurkan subsidi gaji. Meski demikian, Anwar tidak secara rinci menjelaskan kapan pemerintah akan menyalurkan bantuan subsidi gaji bagi pekerja berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

"Iya tentunya regulasi selesai dulu. Kita akan laksanakan secara cepat, tepat dan akuntabel," jelasnya

Dalam rapat terbatas yang digelar pada awal pekan ini, pemerintah telah sepakat untuk menambah dana bansos sebagai bantalan sosial bagi masyarakat, apabila terjadi kenaikan harga BBM yang dikhawatirkan mengerek harga barang dan jasa lainnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani usai rapat terbatas mengatakan penyaluran subsidi gaji tinggal menunggu juknis yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

"Ibu menteri ketenagakerjaan akan segera menerbitkan petunjuk teknisnya, sehingga bisa langsung dilakukan pembayaran," kata Sri Mulyani.

Artikel Selanjutnya

Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Jokowi Siap Cair, Cek Namamu di Sini


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading