Internasional

Awas Perang di Asia, Taiwan Tembak Pesawat Tak Berawak China

News - sef, CNBC Indonesia
31 August 2022 09:10
Drone CH-6 buatan China. (REUTERS/ALY SONG) Foto: Drone CH-6 buatan China. (REUTERS/ALY SONG)

Jakarta, CNBC Indonesia - Taiwan dilaporkan melepaskan tembakan ke pesawat tak berawak milik China. Ini terjadi di sebuah pulau kecil di lepas pantai pada Selasa waktu setempat.

Langkah tersebut diambil Taiwan usai Presiden Tsai Ing-wen memerintahkan militer untuk mengambil "tindakan balasan yang kuat" terhadap apa yang ia sebat "provokasi China". Ini adalah pertama kali dilakukan selama periode ketegangan yang meningkat antara China dan Taiwan.

Menurut Reuters tembakan tersebut bersifat peringatan. Taiwan disebut telah mengeluhkan banyaknya pesawat tak berawak Beijing yang berulang kali terbang dekat Pulau itu.

Juru Bicara Komando Pertahanan Kinmen Chang Jung-shun mengatakan peluru tajam ditembakkan ke pesawat tak berawak itu dekat Pulau Erdan sebelum pukul 6 sore waktu setempat, dengan suar yang digunakan sebelumnya. "Itu kemudian terbang kembali ke China," katanya dikutip Rabu (31/8/2022).

China menganggap Taiwan bagian dari provinsinya. Sementara Taipe tersebut sebaliknya, menilai dirinya berdaulat dan memiliki pemerintahan sendiri.

Masalah keduanya memanas kembali pasca kedatangan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, Agustus ini. China menyamakan kedatangan orang nomor tiga di konsesi Presiden AS itu, sama dengan pengakuan kemerdekaan Taiwan.

Belum ada tanggapan dari Beijing. Pada Senin, Kementerian Luar Negeri China telah menolak keluhan Taiwan tentang pesawat tak berawak dan menyebutnya "keributan yang tidak perlu".

Sementara itu, submer pejabat AS mengatakan China menggunakan pesawat tak berawak untuk bukan untuk memanaskan situasi tetapi "melecehkan Taiwan". AS sendiri masih memantau situasi dengan cermat seraya mengkhawatirkan potensi "kecelakaan" terjadi.

Semenjak serangan Rusia ke Ukraina, negara Barat menyuarakan kekhawatiran akan China yang menyerang Taiwan. Apalagi beberapa kali Xi Jinping menyebut akan merebut wilayah itu bahkan dengan kekerasan sekalipun. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Breaking: China Tembakkan Proyektil ke Selat Taiwan!


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading