Internasional

Saking Waspadanya, Korut Ogah Main-Main dengan 4 Negara Ini

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 August 2022 10:00
Senjata Himars Foto: CC

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak hanya tertutup, Korea Utara (Korut) juga dikenal sebagai salah satu negara yang senang menguji coba rudal. Negara yang dipimpin Kim Jong Un ini juga acapkali menyampaikan ancaman ke negara tetangganya, Korea Selatan (Korsel).

Meski begitu, Korut sempat dilaporkan mewaspadai dan bahkan takut terhadap beberapa negara lain. Berikut daftar negaranya, dikutip dari berbagai sumber:


Amerika Serikat (AS)

AS merupakan salah satu negara yang diwaspadai Korut karena telah mendukung Korsel, yang merupakan musuh negaranya. Kim Jong Un menilai latihan militer yang sering dilakukan AS dan Korsel sebagai provokasi dan ancaman bagi negaranya.

Diketahui saat Perang Korea dulu, pesawat AS menjatuhkan 635 ribu bahan peledak, dengan sebanyak 32 ribu ton merupakan napalm, dari langit Korut. Tak heran jika Korut sangat mewaspadai AS sebagai musuh negaranya.

China

China merupakan salah satu mitra dagang terbesar Korut yang juga disebut-sebut memiliki pengaruh terbesar terhadap kepemimpinan Kim Jong Un. Diketahui Beijing membantu Kim untuk menolak berbagai sanksi internasional agar rezimnya tidak runtuh.

Diketahui China juga mendukung Korut sejak Perang Korea dengan selatan. Salah satunya dengan mengirimkan tentara ke Semenanjung Korea untuk membantu Pyongyang.

Korea Selatan (Korsel)

Meski sering menyampaikan ancaman ke Korsel, pemerintah Korut diketahui mati-matian menangkal masuknya budaya dari Korsel ke negaranya dengan beberapa tindakan keras dan ekstrim. Kim Jong Un sendiri menilai budaya K-Pop sebagai penyakit kanker ganas.

Menurut laporan The Diplomat, Korut tak segan menerapkan tindakan keras terhadap warganya yang membawa informasi soal budaya Korsel ke negara mereka. Bahkan ada WN yang dihukum mati lantaran menyeludupkan konten dari Korsel.

Rusia

Rusia juga dapat dikatakan salah satu sekutu kuat Korut. Kedua negara mempererat hubungan dengan saling memberikan dukungan dalam panggung internasional.

Media pemerintah Korut, Rodong Sinmun, melaporkan jika Korut mendukung Moskow menyerang Ukraina. Sebaliknya bekas negara Uni Soviet itu juga mendukung Pyongyang, sehingga tidak heran jika Rusia disegani Korut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata Korut Impor Jutaan Masker Sebelum Ada Laporan Covid


(tfa/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading