Ngerinya Situasi Dunia Versi Sri Mulyani: Ada Guncangan Hebat

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
11 August 2022 16:15
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konferensi Pers: APBN KITA Agustus 2022. (Tangkapan Layar Youtueb Kemenkeu) Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konferensi Pers: APBN KITA Agustus 2022. (Tangkapan Layar Youtueb Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut volatilitas pasar keuangan dunia saat ini memiliki guncangan yang lebih hebat dibandingkan awal 2022, tak lepas dari keputusan The Fed mengerek bunga acuan.

Hal tersebut dikemukakan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers APBN KiTa Edisi Agustus 2022 yang disiarkan secara virtual, Kamis (11/08/2022).


"Cenderung meningkat dibandingkan periode awal 2022," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, kenaikan suku bunga secara langsung akan memengaruhi pergerakan dolar terhadap sejumlah mata uang. Situasi ini membuat mata uang negara berkembang seperti rupiah tidak berdaya.

"Mata uang emerging market menjadi relatif melemah dibandingkan dolar index-nya. Outflow terjadi di seluruh emerging market," katanya.

Bahkan, berdasarkan catatan Sri Mulyani, total dana asing yang keluar dari negara berkembang termasuk Indonesia mencapai lebih dari US$ 25 juta.

"Total capital outflow terjadi sejak pertengahan semester satu, pada Mei-Juni dan berlanjut Juli dan Agustus ini," kata bendahara negara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Ada 'Bom' yang Bisa Lumpuhkan Ekonomi Dunia


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading