Ini Dia Daftar Tol Sudah Rampung & Siap Beroperasi Tahun 2022

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 August 2022 16:25
Jokowi Panen Tol Hingga Akhir Tahun, Ini Daftarnya Foto: Infografis/ Jokowi Panen Tol/ Ilham Restu

Jakarta, CNBC Indonesia - Infrastruktur jadi salah satu program prioritas pemerintahan presiden Joko Widodo (Jokowi). Setidaknya ada 16 tol baru yang ditargetkan rampung dan beroperasi hingga akhir tahun nanti.

Saat ini, beberapa ruas tol sudah selesai konstruksi sambil menunggu uji kelayakan dan uji operasi dari pemerintah. Sehingga diharapkan bisa beroperasi dalam waktu dekat.

Berikut beberapa tol yang konstruksinya selesai dan ditargetkan beroperasi dalam waktu dekat, mengutip laporan Monitoring Progres Konstruksi Jalan Tol Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) per 27 Juni 2022:


Jabodetabek

1. Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu ditargetkan beroperasi sepenuhnya pada Agustus pada tahun ini. Namun menurut Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road, tol untuk seksi 1a dari akses Wiyoto - Wiyono - tol Becakayu - sampai Off Ramp Jatiwaringin akan beroperasi pada bulan ini,

Sedangkan untuk seksi 2a dari Jakasampurna - Margajaya ditargetkan akan beroperasi pada September mendatang.

2. Tol Cinere - Jagorawi, ditargetkan tersambung sepenuhnya pada Oktober 2022, dimana untuk seksi 1 dan seksi 2 dari Jagorawi - Kukusan sudah beroperasi. Sedangkan pada seksi 3 Kukusan - Cinere saat ini masih dalam proses konstruksi 60%.

3. Tol Serpong - Balaraja seksi 1 A dimana saat ini proses konstruksi sudah selesai 100%, dan sudah menjalankan Uji Laik Fungsi Juni lalu. Hanya saja untuk seksi 1B masih dalam proses konstruksi yang ditargetkan selesai.

Bukan Bagian Trans-Jawa

1. Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) seksi 1 dari Cileunyi - Rancakalong sudah beroperasi. Berlanjut pada seksi 2 dari Rancakalong - Sumedang yang sudah selesai konstruksi.

Sementara untuk seksi 3, 4, 5, sampai 6 yang menghubungkan Sumedang sampai Dawuan masih dalam proses konstruksi yang ditargetkan beroperasi pada Desember 2022.

2. Tol Manado - Bitung juga ditargetkan selesai pada pada tahun ini, dimana untuk seksi 1 - 2 dari Manado - Danowudu sudah tersambung, namun segmen 2B dari Danowudu - Bitung saat ini dalam status sudah langik fungsi. Artinya sudah bisa dioperasikan dalam waktu dekat.

Trans-Sumatera

1. Kuala Tanjung - Tebing Tinggi Parapat, dimana seksi 1 - seksi 4 yang menghubungkan wilayah Tebing Tinggi sampai Pematang Siantar juga ditargetkan selesai pada tahun ini.

Dimana seksi 1 Tebing Tinggi - Inderapura pada September 2022, seksi 2 Kuala Tanjung - Indrapura Desember 2022, seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan pada Maret 2022, dan Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar pada Juni 2022. Namun sampai saat ini belum ada seksi yang dioperasikan.

2. Begitu juga ruas Sigli Banda Aceh dimana beberapa seksi terpantau sudah selesai konstruksi seperti Seksi 2 Seulimeum - Jantho.

3. Serta tol Lubuk Linggau Curup Bengkulu dimana untuk pembangunan seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu juga sudah selesai masa konstruksi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Daftar Proyek Tol Terbaru di RI, Lewatin Rumah Anda?


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading