Internasional

Waspadalah Negara-Negara Eropa, Resesi Dimulai!

News - Aulia Mutiara Hatia Putri, CNBC Indonesia
15 July 2022 11:30
Eropa Makin Ngeri, 5 Negara Sudah 'Teriak' Krisis Energi Foto: Infografis/ Eropa Makin Ngeri, 5 Negara Sudah 'Teriak' Krisis Energi / Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Isu resesi dunia tengah berhembus kencang di negara-negara di dunia. Kini negara-negara Eropa yang diyakini sedang memasuki fase resesi di mana nilai tukar eoro terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mulai merosot serta indikator makro lainnya telah melemah.

Subbraman, Kepala Ekonom Nomura dalam acara Street Signs Asia memproyeksikan dalam 12 bulan ke depan, zona euro, Inggris, Jepang, Australia, Kanada dan Korea Selatan juga akan mengalami resesi.

"Kenaikan suku bunga yang agresif artinya kita melihat kebijakanfront loading. Dalam beberapa bulan kami telah melihat risiko resesi, dan sekarang beberapa negara maju benar-benar jatuh ke jurang resesi," tambah Subbraman.

Ketika datang pertanyaan kapan resesi akan dimulai pada negara-negara Eropa, para ekonom memperkirakan awal kuartal II-2022 sebagai awal dimulainya resesi dalam retrospeksi.

Eropa berada tepat di tengah badai dari rantai pasokan, dari krisis energi, dan jelas dekat dengan dampak perang Rusia-Ukraina.

Harga komoditas energi di Eropa telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir di tengah sanksi Rusia. Ini juga diperparah oleh laju inflasi yang memicu krisis biaya hidup.

Berdasarkan laporan Sentix Economic Index, salah satu lembaga riset yang berada di Jerman mengungkapkan bahwa negara-negara Eropa sudah memulai resesinya. Kondisi ini dilihat dari indeks ekonomi yang disurvey sentix kembali memburuk.

Data terkini dari indeks siklus bisnis mengungkapkan indeks ekonomi semakin melemah. Indeks keseluruhan jatuh 11 poin setelah Maret telah melemah. Ditambah lagi kondisi ekonomi negara-negara Eropa yang mulai menyusut. Karena situasi saat ini dipenuhi sentimen negatif, maka asumsinya negara-negara Eropa telah menghadapi awal resesi.

Pertumbuhan ekonomi di zona Euro kian tertekan pada Juni, menurut hasil survei, di tengah terpaan kenaikan harga komoditas utama dunia yang mengaburkan prospek pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Krisis Membuat Eropa Sulit Dongkrak Suku Bunga..
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading