Ternyata Ini yang Bikin Mendag Zulhas Kena Tegur Jokowi

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
12 July 2022 15:40
Presiden Joko Widodo Memberikan Keterangan Pers Usai Melantik Menteri dan Wamen Baru Kabinet Indonesia Maju, Istana Jakarta, 15 Juni 2022. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Joko Widodo Memberikan Keterangan Pers Usai Melantik Menteri dan Wamen Baru Kabinet Indonesia Maju, Istana Jakarta, 15 Juni 2022. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum genap satu bulan menjabat sebagai menteri perdagangan (mendag), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sudah mendapatkan atensi lebih dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Atensi yang diberikan Jokowii bukan pujian atas kinerja Zulhas yang terbilang singkat, melainkan sebuah peringatan buntut dari video dirinya membagikan minyak gratis, yang sebelumnya sudah dibayarkan kepada ibu-ibu.

"Saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau menteri perdagangan yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin," kata Jokowi, Selasa (12/7/2022).

Pernyataan Jokowi sendiri merujuk pada perintahnya usia Zulhas, sapaan akrabnya dilantik di Istana Negara pada Rabu (15/6/2022). Zulhas diperintahkan Jokowi untuk mengatasi masalah kebutuhan pokok masyarakat, utamanya lonjakan harga minyak goreng.

Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Murah Di Wilayah Kota Bandar Lampung. (Lampungprov.go.id)Foto: Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Murah Di Wilayah Kota Bandar Lampung. (Lampungprov.go.id)

"Saya kira memang secepatnya harus kita usahakan agar harga itu bisa terjangkau untuk masyarakat bawah," kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Cerita bermula kala Zulhas membagikan minyak goreng untuk warga Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Lampung merupakan kampung halaman Zulhas.

Acara yang digelar pada akhir pekan lalu itu berlangsung di pasar murah bertajuk PANsar. Warga yang datang ke lokasi sebenarnya bisa membeli 1 liter minyak goreng seharga Rp 10 ribu.

Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Murah Di Wilayah Kota Bandar Lampung. (Lampungprov.go.id)Foto: Menteri Perdagangan Tinjau Pasar Murah Di Wilayah Kota Bandar Lampung. (Lampungprov.go.id)

Namun, minyak goreng itu ternyata digratiskan. Zulkifli yang hadir dalam kesempatan tersebut justru berpesan agar penerima minyak goreng gratis itu memilih anaknya, Futri Zulya Savitri. Futri yang hadir kala itu selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1.

"Uangnya enggak usah, dikantongin ajah. Rp 10 ribu yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh ginian dua bulan sekali," pesan Zulifli Hasan kepada warga.

Jokowi menginginkan blusukan menteri perdagangan ke pasar untuk memastikan harga sejumlah komoditas pangan, tak terkecuali minyak goreng stabil. Jokowi ingin agar kenaikan harga minyak tak terjadi lagi.

"Jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan premium. Yang kita cek minyak goreng curah agar angkanya 14 ribu atau di bawahnya. Kalau yang saya datangi sudah di angka Rp 14 ribu, kalau di luar Jawa di atas Rp 14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi menyebut acara bagi-bagi minyak itu adalah acara partai. Kedatangan Zulhas, kata dia, bukan sebagai pejabat pemerintah melainkan sebagai Ketua Partai.

"Bang Zulkifli Hasan hadir selaku Ketua Umum PAN meninjau acara PAN, yaitu PANsar Murah. Di acara itu, Futri, putrinya hadir selaku pengurus DPP PAN dan calon legislatif PAN Dapil Lampung 1," kata Viva.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bantah Ada Mafia Migor, Zulhas Janji Harga Turun 1 Bulan Lagi


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading