Internasional

Korut Curiga AS-Korsel & Jepang Bakal Bentuk 'NATO' di Asia

News - pgr, CNBC Indonesia
03 July 2022 16:15
Bendera NATO (REUTERS/File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Utara mencurigai perjanjian Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan serta Jepang akan mewujudkan rencana AS untuk membentuk 'NATO' di Asia.

Korea Utara mengkritik kesepakatan Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang baru-baru ini tentang penguatan kerja sama militer menjadi sarana untuk mewujudkan rencana AS untuk aliansi militer seperti NATO di kawasan itu.

Mengutip Reuters, Juru bicara kementerian luar negeri Korea Utara mengatakan banyak pertanyaan yang diajukan oleh KCNA, 


"Realitas jelas menunjukkan bahwa tujuan sebenarnya dari AS menyebarkan desas-desus tentang 'ancaman dari Korea Utara' adalah untuk memberikan alasan untuk mencapai supremasi militer di kawasan Asia-Pasifik," kata juru bicara itu.

"Situasi yang ada lebih mendesak untuk membangun pertahanan negara untuk secara aktif mengatasi kerusakan lingkungan keamanan yang cepat," tambah juru bicara itu.

Para pemimpin Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang bertemu di sela-sela KTT NATO pekan lalu dan sepakat untuk mengeksplorasi cara lebih lanjut untuk memperkuat 'pencegahan yang diperpanjang' terhadap Korea Utara.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kapal Perang AS Tiba-tiba Muncul di Laut Asia, "Hajar" Korut?


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading