Kang Emil Siap Jadikan 4 Isu Penting Y20 Sebagai Panduan

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
02 July 2022 14:09
Y20 Summit

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat,Ridwan Kamil atau Kang Emil mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 atau Y20 Summit yang akan dilaksanakan pada 17-24 Juli 2022 di DKI Jakarta dan Bandung.

Ia berharap semua hasil pemikiran para pemuda dalam forum ini bisa terus berkelanjutan dan tidak terputus hingga bisa mewariskan masa depan yang damai.

Sekedar informasi, Y20 summit merupakan forum atau wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdialog.


"Pesan ini harus sampai kepada pengambilan keputusan tertinggi," kata Gubernur Jawa BaratRidwan Kamildalam konferensi pers virtual Y20 Summit, Sabtu (2/7/2022).

Ridwan pun mendukung empat isu penting yang dibawa dalam Y20 Summit, mulai dari ketenagakerjaan, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Keempat isu tersebut ujarnya akan dijadikan panduan dalam membangun Jawa Barat di masa depan.

"Kita akan berkontemplasi terkait ini ke masyrakat. Isu inklusivitas terus kita jadikan panduan sustain pembangunan. Kemarin kita menanam jutaan bakau di sepanjang pantai Jawa Barat melibatkan anak-anak muda. Dari sisi lingkungan harus kita respon bersama-sama, kemudian digital, dan lain-lain. Sederhana saja, sayakan pengambil keputusan di wilayah masing-masing. Kami tentu punya kewajiban tidak hanya isu ini di level puncak. Tapi juga di level wilayah kami, isu ini jadi kebijakan realistis yang terasa bagi pemuda di Jawa Barat," terangnya.

Sementara itu, Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar memastikan hasil dari Y20 tidak berhenti pada sebuah dokumen. Dia juga bakal menyerahkan hasil konsensus pemuda tersebut ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta pemimpin negara lain di forum G20 yang dihelat November 2022.

"Seluruh kepala negara berkumpul di Bali dan kami akan melakukan upaya-upaya khusus lobi-lobi juga pendekatkan kepada pemerintah, agar usulan pemuda di Y20 itu masuk," jelas Michael.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lagi, Jawa Barat Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak!


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading