Buwas Jamin Daging Kerbau Asal India Clear & Bebas PMK

News - Damiana Cut Emeria, CNBC Indonesia
27 June 2022 14:40
Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (Tangkapan layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseseo (Buwas) mengatakan, telah memastikan sumber pasokan daging kerbau beku asal India telah memenuhi syarat dan aman.

Pemasok, ujar Buwas, juga memasok kebutuhan daging kerbau beku untuk negara lain.

"Menyusul untuk kebutuhan, karena ada PMK (penyakit mulut dan kuku), kami lakukan percepatan untuk kedatangan daging. Namun nggak mengabaikan keamanan dan standar harus terpenuhi," kata Buwas dalam RDP bersama Eselon-I Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Komisi IV DPR, Senin (27/6/2022).


Menurut Buwas, Bulog mendapat penugasan untuk impor daging kerbau beku dari India sebanyak 100 ribu ton. Hingga saat ini, sebanyak 48.412 ton sudah masuk ke Indonesia, lainnya menyusul.

"Kami baru mengirimkan salah satu direksi dan timnya ke India, untuk melihat ke sana, prosesnya terjamin. Untuk tahu persis daging dari India ini clear dan bebas PMK secara keseluruhannya," kata Buwas.

"Yang kita pilih dari sana ini produksi yang sudah memenuhi standar internasional. Dan, mereka juga mendatangkan daging kerbau beku ke 70 negara. Seperti ke Malaysia, Vietnam, Hong Kong, Mesir, Irak, bahkan Arab Saudi, Filipina, dan Argentina, dan sebagainya" lanjut Buwas.

Selain itu, dia menambahkan, pemasukan daging kerbau beku asal India juga masih harus melewati pengecekan di dalam negeri, termasuk karantina oleh Kementan.

"Kita juga nggak mau ambil risiko berat karena ini konsumsi masyarakat kita sendiri. Sampai saat ini, prosedur kita tetap ikut, nggak hanya di sana, pengecekan juga dilakukan di sini. Setelah izin dari karantina Kementan baru bisa kita edarkan, itu pun masih kita double tes PCR untuk memastikan daging ini betul-betul aman," kata Buwas.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Virus PMK Lebih Menular Dari Delta, Bisa Bencana Nasional?


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading