Apakah Cuma Lulusan 'Sarjana' yang Bisa Jadi PNS?

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
27 June 2022 09:50
cover topik_Kiamat PNS_konten/ Aristya Rahadian Foto: cover topik_Kiamat PNS_konten/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) sudah menjadi pekerjaan impian sejak dahulu kala. Tak sedikit keluarga non-PNS mendambakan memiliki menantu abdi negara.

Impian keluarga yang ingin jadi priyayi sampai sekarang masih menjadi tradisi di Indonesia. Ada orang tua yang berharap anaknya menjadi PNS, karena menjanjikan uang pensiun, bahkan jika PNS yang bersangkutan tutup usia.


Lalu, apakah untuk menjadi seorang PNS harus memiliki gelar sarjana?

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) 11/2017 tentang Manajemen PNS disebutkan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk melamar menjadi seorang PNS, yang tentunya dengan sejumlah persyaratan.

Salah satunya terkait dengan kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 27/2021 tentang Pengadaan PNS.

Adapun kualifikasi pendidikan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Pelamar dengan kualifikasi pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat harus memiliki ijazah SMA /sederajat yang terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dan/atau kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keagamaan;

  • Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri memiliki ijazah dari perguruan tinggi dalam negeri dan/atau program studi yang terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan/atau Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan/ Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah; dan

  • Pelamar dengan lulusan perguruan tinggi luar negeri memiliki ijazah yang telah disetarakan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Selain itu, pemerintah juga membuka lowongan bagi para pelamar yang merupakan lulusan SMA atau sederajat dan Diploma 3. Para pelamar juga dapat melihat lowongan yang tersedia apakah membuka lowongan selain sarjana atau tidak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap 'Dipecat', Jokowi Mulai 'Ngebut' Ubah PNS ke Robot


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading