Permohonan Jokowi ke Putin: Segera Lakukan Gencatan Senjata!

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
26 June 2022 11:10
Keterangan Pers Presiden RI, Jokowi Terkait Kunjungan Kerja ke Luar Negeri, 26 Juni 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Jokowi akan meminta Putin untuk segera melakukan gencatan senjata.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan keterangan pers kunjungan kerja ke luar negeri dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 26 hingga 28 Mei.


"Saya akan mengajak presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," kata Jokowi, Minggu (26/6/2022).

Jokowi akan bertolak ke Rusia setelah hadir dalam KTT G7 di Jerman. Sebelum itu, Jokowi diagendakan terlebih dahulu untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di ibu kota, Kyiev.

Pertemuan dengan Zelensky, kata Jokowi, juga akan membahas mengenai misi perdamaian yang serupa. Jokowi menilai kedua pimpinan harus membuka ruang dialog agar perang dapat segera dihentikan.

"Perang harus dihentikan," tegas Jokowi.

Jokowi dalam kesempatan tersebut juga akan membahas mengenai masalah rantai pasok pangan Ukraina yang terhambat karena perang. Hal tersebut telah memicu terjadinya ancaman krisis pangan.

"Juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan, harus diaktifkan lagi," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Zelensky 'Ngebet' Ketemu Langsung dengan Putin, Ini Alasannya


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading