Jokowi Pastikan Bertemu Zelensky-Putin, Minta Perang Disetop!

News - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
26 June 2022 10:35
Keterangan Pers Presiden RI, Jokowi Terkait Kunjungan Kerja ke Luar Negeri, 26 Juni 2022

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan akan berkunjung ke Ukraina dan Rusia, selepas menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G7 di Jerman.

Berbicara dalam konferensi pers, Jokowi berencana mengunjungi Ukraina sebelum bertolak ke Rusia. Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.


"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, karena perang harus dihentikan," kata Jokow di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/6/2022).

Saat bertemu dengan Presiden Zelensky, Jokowi juga mengaku akan membahas mengenai rantai pasok pangan yang selama ini terhambat karena perang. Menurutnya, distribusi harus kembali dibuka.

"Dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan, harus diaktifkan lagi," kata Jokowi.

Selepas bertemu dengan Zelensky, Jokowi akan langsung terbang ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Jokowi menegaskan, pertemuannya untuk membawa misi perdamaian.

"Sekali lagi, [pertemuan dengan Putin] dengan misi yang sama. Saya akan mengajak presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngobrol Bareng Zelensky, Jokowi Malah Ditelepon Putin Nih!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading