Klaim Luhut: Kinerja Ekonomi Indonesia Terbaik di Dunia!

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
23 June 2022 19:56
Luhut Binsar Pandjaitan. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Luhut Binsar Pandjaitan. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan kalau kinerja perekonomian Indonesia salah satu yang terbaik di level global saat ini. Pernyataan itu disampaikan Luhut dalam puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia LAGAWIFEST 2022 di Lampung, Kamis (23/6/2022).

"Di bawah tekanan ekonomi dunia sekarang ini, kinerja Indonesia termasuk yang terbaik di dunia," ujarnya.

Luhut lantas memaparkan berbagai indikator di balik klaimnya tersebut. Dimulai dari tingkat inflasi.



"Kalau anda lihat tadi inflasi kita termasuk yang terendah di dunia sekarang ini dengan 3,5%-3,6% saat ini," kata Luhut.

Dia menargetkan inflasi harus berada di bawah 5%. Sementara itu Bank Indonesia (BI) dalam Sidang Kabinet Paripurna beberapa waktu lalu memproyeksikan inflasi 4,8%.

"Karena inflasi itu menjadi satu hal yang penting. AS sekarang negara yang begitu hebat dulu itu inflasinya sekarang sudah 8,6%. Ini menurut saya mereka bingung sendiri sehingga mereka kelihatan cenderung akan masuk resesi akhir tahun ini kalau tidak ada pembenahan yang hebat," ujar Luhut.

"Nah kita bersyukur bahwa sampai hari ini karena kerja keras selama 7 tahun ini pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo bisa mengendalikan ini," lanjutnya.

Indikator berikut adalah nilai tukar rupiah yang stabil. Semua itu, menurut Luhut, tidak terlepas dari investasi yang masif dari dalam maupun luar negeri.

"Indonesia ini menjadi tujuan investasi yang sangat baik, tujuan investasi yang dicintai, seperti gadis cantik yang banyak dilamar orang lain. Itu kita lihat nanti dengan data bahwa FDI tahun lalu masih naik 28,5%," ujarnya.


Indikator berikut adalah indeks harga saham gabungan (IHSG) di pasar modal tanah air.

"Kita sekarang di atas 7.000, masih berkisar situ, ada fluktuasi kecil-kecil, tapi kita salah satu market yang paling stabil di dunia saat ini. Bukan hanya Asia, tapi dunia," kata Luhut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Inflasi AS Tinggi, Ancaman Bagi Ekonomi RI


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading