Cegah Macet Parah, 'Kantong Raksasa' Bakal Dibangun di Tol

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
20 June 2022 14:25
Suasana rest area 456 Jalan Tol Semarang-Solo, Jawa tengah. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan meningkatkan jumlah kantong parkir di tol. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadi kemacetan pada hari besar terutama lebaran.

"Tadi disampaikan Menhub PR kita ke depan menyiapkan kantong parkir di tempat istirahat sekarang," kata Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Senin (20/6/2022).

Kantong parkir ini harus disiapkan supaya bisa menampung jumlah pemudik yang mau melakukan peristirahatan di tol. Dengan sumber lahan yang berada di sekitar peristirahatan jalan tol.


"Jadi landbank mungkin di tempat istirahat (eksisting) akan dilebarkan pembebasan lahan untuk kantung parkir yang dipakai khusus hari besar nasional," katanya.

Salah satunya yang mau disiapkan adalah di tol Jakarta - Merak, yang sudah mendapat persetujuan dari Pemerintah Provinsi Banten.

"Kemarin kita sudah bertemu dengan pejabat Gubernur Banten dan sudah disiapkan lahan sekitar 5 hektare untuk kantong parkir tadi," jelasnya.

Dari hasil evaluasi mudik 2022 yang dilakukan Kementerian Perhubungan diusulkan perlunya tambahan rest area pada tol yang menuju Jawa Tengah.

Begitu juga diusulkan untuk penambahan rest area di ruas jalan tol menuju pelabuhan Merak, untuk mengantisipasi penumpukan di pelabuhan saat titik puncak kemacetan.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pemudik Catat! Istirahat di Rest Area Maksimal 30 Menit


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading