Rencana Jokowi: Bangun 10 Rest Area Tol Rute Jakarta-Semarang

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 May 2022 19:14
Suasana rest area 456 Jalan Tol Semarang-Solo, Jawa tengah. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berencana membangun 10 rest area di jalan tol Jakarta - Semarang. Rest area tersebut akan dibangun dengan standar kualifikasi, kuantitas, dan kualitas yang lebih baik.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas yang digelar secara tertutup bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (24/5/2022).


"Pak Presiden sudah mencatat dan sebagian bagian harus dievaluasi. Secara detail, kita akan minta kepada developer untuk menyediakan paling tidak 10 rest area," kata Budi Karya.

Budi mengatakan, rest area tersebut secara jangka pendek memang tidak akan memberikan return. Maka dari itu, pemerintah akan merancang strategi agar rest area tersebut menjadi menarik perhatian.

"Kami usulkan kepada Pak Menteri PU, agar itu menjadi land bank. Kalau developer enggak mau, kita bisa berikan swasta untuk investasi. Di situ 10 hektare 10 titik rest area saat dijumlah 100 hektare yang tidak banyak," jelasnya.

Lantas, apa alasan pemerintah 'menebar' rest ara di rute Jakarta - Semarang? Budi mengatakan, rute tersebut masih memiliki banyak lahan kosong dan dimungkinkan untuk membangun rest area.

"Kami perhatikan saat kami melaju ke Semarang atau dari Semarang ke sini kelihatan sekali masih banyak tanah kosong. Kalau itu dilakukan pembebasan pasti beri keuntungan bagi developer." jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jelang Mudik, Ini Daftar Jalan Tol yang Tarifnya Naik!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading