'Kiamat' Kartu Tol Tahun Ini, Bayarnya Pakai Apa Nanti?

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
20 May 2022 11:05
Kendaraan melintas di ruas jalan tol Dalam Kota di Jakarta, Jumat (4/3/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis Multi Lane Fee Flow (MLFF) akan diberlakukan pada Desember 2022. Dengan ini, maka pembayaran menggunakan kartu e-Toll tak lagi digunakan.

Adapun MLFF sudah melakukan uji coba di sejumlah ruas jalan tol Ibu Kota dan Bali yakni Jalan Tol Dalam Kota, Tol Metropolitan Jabodetabek, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Bali-Mandara.


Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengemukakan dengan sistem ini maka pengguna jalan tol bisa melakukan pembayaran non-tunai tanpa cap dengan hanya mengunduh aplikasi electronic-on board unit.

"Kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi on-board unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti," kata Danang dalam keterangan resmi, seperti dikutip Jumat (20/5/2022).

Adapun aplikasi yang dimaksud adalah Cantas. Ini adalah aplikasi pintar yang didesain dengan sistem navigasi satelit atau Global Navigation Satellite System (GNSS) yang dapat memungkinkan pengguna kendaraan melakukan pembayaran melalui gawai.

Lantas bagaimana cara kerjanya? GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan ke luar tol, maka sistem akan melakukan kalkulasi tarif sendiri.

Meski demikian, aplikasi ini belum meluncur. Saat ini, pemerintah masih mengembangkan penggunaan teknologi MLFF dan masih akan melakukan serangkaian uji coba yang diharapkan bisa beroperasi penuh pada 2023 mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jalan Tol di RI Makin Canggih: Tembus Perut Bumi, Bawah Laut!


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading