Lewati Batas WHO, Positivity Rate Covid DKI Tembus 7,2%

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
20 June 2022 09:55
Gambar Cover, Omicron Merajalela

Jakarta, CNBC Indonesia - Perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia terus menanjak. Bahkan, tingkat penularan wabah tersebut di kawasan Ibu Kota telah melewati batas aman yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam beberapa hari terakhir, kasus konfirmasi positif Covid-19 terus meningkat. DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi yang memberikan sumbangsih kasus tertinggi setiap harinya.


Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, kemarin kasus konfirmasi harian di Indonesia mencapai 1.167 orang. Kawasan Ibu Kota menyumbang 735 kasus dari total kasus harian.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia mengemukakan saat ini persentase kasus positif atau positivity rate mencapai 7,2%.

“Untuk positivity rate sepekan terakhir di Jakarta sebesar 7,2%. Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 11,5%,” kata Dwi dalam keterangan resmi, seperti dikutip Senin (20/6/2022).

WHO sendiri menetapkan standar persentase kasus positif tak lebih dari 5%. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar mewaspadai perkembangan kasus yang dipicu dari varian BA.4 dan BA.5.

“Kami mengimbau agar masyarakat juga mewaspadai penularan varian Omicron,” jelasnya.

Sebelumnya, kedua subvarian Omicron itu memang disebut-sebut memiliki pennularan yang lebih cepat dibandingkan varian sebelumnya. Hal ini memicu kekhawatiran lantaran saat ini penggunaan masker tengah diperlonggar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-siap! Ini Prediksi Menkes Soal Puncak Covid BA.4-BA.5 RI


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading