Ramai Tarif 30 Ruas Tol Naik Tahun 2022, Ini yang Terdekat

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
16 June 2022 12:55
Tol Cengkareng-Kunciran Sudah Resmi Beroperasi. (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik) Foto: Tol Cengkareng-Kunciran Sudah Resmi Beroperasi. (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak ruas tol yang diprediksi akan disesuaikan tarifnya tahun ini. Melihat evaluasi tarif dilakukan dalam dua tahun sekali.

Salah satunya yang terdekat adalah, dan dalam tahap penyiapan Keputusan Menteri untuk penyesuaian tarif ada berada pada ruas tol di Jawa.

"Yang terdekat itu Soreang-Pasir Koja di Jawa Barat," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, kepada CNBC Indonesia, Kamis (7/6/2022).


Danang menjelaskan nanti Badan Usaha Jalan Tol yang akan membeberkan detailnya lebih jauh. Baik terkait tanggal hingga berapa penyesuaian tarif yang akan dilakukan.

Yang jelas dalam penyusunan komponen penyesuaian tarif akan disesuaikan pada daerah masing-masing. Selain itu disesuaikan untuk kebutuhan standar pelayanan minimum, seperti kondisi jalan, tempat istirahat, keselamatan dan lainnya.

Sebelumnya Danang juga membeberkan setidaknya ada 30 ruas tol yang akan disesuaikan tarifnya pada tahun ini. Meski belum bisa membeberkan detail ruas mana.

"Tahun ini akan banyak ada 30 ruas yang akan mengalami tariff adjustment, jadi bertahap kita evaluasi kita siapkan soal penataan Standar Pelayanan Minimum," jelas Kepala BPJT Danang Parikesit di Kantor Kementerian PUPR, pekan lalu.

Selain itu BPJT juga menjelaskan ada 12 ruas tol dalam status direncanakan dan disesuaikan, yang akan mengalami penyesuaian tol.

Berikut 12 ruas tol yang direncanakan melakukan penyesuaian pada kuartal-I 2022:

1. Tol Dalam Kota (sudah disesuaikan)

2. Nusa Dua - Ngurah Rai - Benoa (sudah disesuaikan)

3. Kunciran - Serpong

4. Jakarta - Bogor - Ciawi

5. Surabaya - Mojokerto (sudah disesuaikan)

6. Cikampek - Palimanan (sudah disesuaikan)

7. Cinere - Jagorawi Seksi 1&2

8. Pondok Aren - Serpong

9. Gempol - Pandaan (sudah disesuaikan)

10. Jalan Tol Tangerang - Merak

11. Jalan Tol Soreang - Pasir Koja

12. Jalan Tol Pandaan - Malang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siap-Siap! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading