Uji Bayar Tol Cuma Pake HP di 6 Tol, 'Kiamat' Kartu Dimulai?

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 June 2022 17:50
Ilustrasi e-Toll. (Dok: Detikcom/Grandyos Zafna)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan bahwa uji coba transaksi tol nontunai - nirsentuh atau multilane free flow (MLFF) akan diterapkan pada 6 ruas tol terlebih dahulu.

Enam ruas tol yang berada di Jawa dan Bali ini akan menjadi pilot proyek pelaksanaan MLFF di seluruh ruas jalan tol. Danang menjelaskan rencananya uji coba akan diberlakukan pada akhir tahun.

"Dimulainya masih akhir tahun ini. kita liat apakah semua akan dimulai atau tidak sangat tergantung sama uji cobanya dan kesiapan mereka (BUJT)," kata Danang di Kementerian PUPR, Selasa (7/6/2022).


"6 ruas uji coba ini batch pertama untuk mereka laksanakan secara komersial," jelasnya.

Danang menjelaskan setelah seluruh gerbang tol sudah menerapkan MLFF, maka tidak ada lagi gerbang tol besar atau dikurangi. Dia mencontohkan seperti tol Cinere - Serpong saat ini sudah di simplifikasi desain, jadi tidak menggunakan model gedung besar untuk pintu tol.

Dari target yang diungkapkan sebelumnya penerapan Multi Lane Free Flow ini direncanakan pada Desember tahun 2022, lalu dilanjutkan pada tahapan pada seluruh ruas tol pada 2023 mendatang.

Sehingga nantinya pengemudi hanya menghabiskan 'zero' time untuk melakukan pembayaran tol, dan tidak lagi terjadi antrian.

Dengan ini, maka pembayaran menggunakan kartu e-Toll tak lagi digunakan.

Adapun MLFF sudah melakukan uji coba di sejumlah ruas jalan tol Ibu Kota dan Bali yakni Jalan Tol Dalam Kota, Tol Metropolitan Jabodetabek, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Tangerang-Merak, Tol Jakarta-Cikampek, dan Tol Bali-Mandara.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengemukakan dengan sistem ini maka pengguna jalan tol bisa melakukan pembayaran non-tunai tanpa cap dengan hanya mengunduh aplikasi electronic-on board unit.

"Kita akan memperkenalkan transaksi nirsentuh dengan menggunakan teknologi on-board unit yang terhubung dengan satelit sehingga masyarakat bisa langsung melewati gate tol tanpa perlu berhenti," kata Danang dalam keterangan resmi, seperti dikutip Jumat (20/5/2022)


[Gambas:Video CNBC]

(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading