Catat, Janji Menteri ATR Hadi Tjahjanto tentang Masalah Tanah

News - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
15 June 2022 20:20
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, yang menggantikan Sofjan Djalil, menegaskan akan langsung turun ke lapangan untuk menyelesaikan beragam permasalahan tanah di masyarakat. Ia menyebut, target 126 juta sertifikat tanah akan selesai hingga kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) berakhir.

"Jadi yang akan kita terus laksanakan masalah sertifikat tanah yang sudah dilaksanakan Pak Sofjan Djalil yang saat ini sudah mendapat 80 juta. Targetnya 126 juta itu akan kita selesaikan," ujarnya di gedung ATR/BPN Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Hadi menjabarkan, berbagai persoalan tanah di masyarakat timbul karena adanya aturan yang tumpang tindih. Namun, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai Kementerian, Kepolisian, dan pihak terkait untuk segera menyelesaikannya.


"Inilah yang akan terus kita koordinasikan dengan Kementerian terkait baik Kementerian BUMN dan Perhutani. Itu-pun tentunya perlu Turun ke lapangan untuk menyelesaikan yang ada disana. Permasalahan-permasalahan itu akan terus kita dalami sehingga apa yang dirasakan oleh masyarakat itu bisa tidak membebani mereka," jelasnya.

Hadi berharap, dengan bersinergi dam terjun langsung ke lapangan dapat meminimalisir dan mengurangi tumpukan kasus permasalahan tanah di masyarakat yang ada selama ini.

"Oleh sebab itu saya sampaikan tadi adalah, saya sama dengan pak Sofjan Djalil akan turun ke lapangan, permasalahan di lapanan akan terus kita eliminir supaya mereka juga tak menemui permasalahan," ucapnya.

Hadi menambahkan, akhir pekan ini dirinya akan mulai memantau langsung segala permasalahan pertanahan yang terjadi di masyarakat. Dan masyarakat pun dapat melaporkan segala permasalahan yang dipakai terkait hak tanah kepadanya.

"Saya kan hari ini baru di ambil sumpah. Besok akan ketemu dengan para Dirjen, permasalahan apa sih. Walau saya juga sebelum ketemu Dirjen sudah mulai bertanya sana-sini masalah apa langsung ke bawah. Besok saya matching-kan dengan Dirjen hari Jumat saya akan terjun ke lapangan,"pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Amanah Jokowi ke Mendag & Menteri ATR Baru


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading