Internasional

Wow! Negara Asia Ini Diundang ke Rapat Besar NATO, Siapa?

News - sef, CNBC Indonesia
15 June 2022 19:28
Bendera NATO (REUTERS/File) Foto: Bendera NATO (REUTERS/File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) bakal menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 28-30 Juni ini di Madrid, Spanyol. Salah satu negara Asia, mendapat undangan khusus untuk menghadiri rapat besar tersebut.

Negara itu adalah Jepang. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan ia akan menghadiri langsung agenda tersebut, Rabu (15/6/2022).

"Sebagai satu-satunya negara Asia di G7, kemampuan diplomatik Jepang sedang diuji," kata Kishida kepada wartawan.

"Kehadirannya di KTT NATO akan menjadi pertama kalinya bagi perdana menteri Jepang", tegasnya lagi seraya menambahkan bahwa ia bermaksud menyoroti masalah keamanan di Eropa dan Asia.

Jepang sendiri sebenarnya dekat dengan AS. Jepang sempat menjadi tuan rumah KTT Quad, aliansi AS di Asia Pasifik, bersama India dan Australia.

Jepang yang bukan angora NATO juga telah mengirimkan pasokan pertahanan ke Ukraina untuk melawan serangan Rusia. Negeri Matahari Terbit juga memberlakukan sanksi keras terhadap Moskow bersama dengan negara-negara G7 lainnya.

"Saya sendiri memiliki rasa urgensi yang kuat bahwa Ukraina hari ini mungkin menjadi Asia Timur besok," ujar Kishida dalam kesempatan berbeda, saat diberi kesempatan berbicara dalam Forum Pertahanan Dunia di Singapura akhir pekan lalu.

Sementara itu, mengutip AFP, selain Jepang, Korea Selatan (Korsel) juga akan hadir. Presiden baru Yoon Suk-yeol juga akan menjadi pemimpin pertama dari negaranya yang akan datang ke forum NATO.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

3 Kapal NATO Latihan Perang di Finlandia


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading