Gertakan 'Penghancur' Avanza Gak Main-main, Siap Jadi Raja RI

News - redaksi, CNBC Indonesia
14 June 2022 06:55
Pengunjung melihat Suzuki Ertiga Hybrid saat peluncurannya di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Jumat (10/6/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Avanza baru saja berhasil merebut kembali sebagai mobil terlaris se-Indonesia pada bulan April 2022. Namun, kini Avanza patut waspada dengan munculnya pesaing baru di segmen MPV.

Bulan ini, setidaknya ada 2 pabrikan yang berencana merilis mobil baru, yang menyasar segmen low MPV di Indonesia.

Salah satunya, All New Ertiga Hybrid yang baru saja debut pada Jumat, 10 Juni 2022. PT Suzuki Indomobil Sales memperkenalkan mobil mengusung teknologi hybrid ini di Atrium Mall Kelapa Gading 3.


Nggak main-main, All New Ertiga Hybrid langsung menawarkan harga fantastis, tak sampai Rp300 juta. Bahkan, dealer berani menawarkan diskon hingga Rp20 juta jika melakukan pemesanan sebelum tanggal debut.

Soal teknologi, pihak Manajemen Suzuki mengatakan mobil menggunakan teknologi Suzuki Smart Hybrid yang diklaim bermanfaat menghemat konsumsi bahan bakar, terutama di kota-kota besar yang identik dengan kemacetan.

Dilengkapi 2 komponen terbaru, yaitu Integrated Stater Generator (ISG) dan Lithium-ion battery sebagai pendamping mesin pembakaran internal, konsumen bisa merasakan peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar yang cukup signifikan.

"Dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid, kami berharap konsumen merasakan manfaat dan pengalaman baru dalam berkendara. Tidak lama lagi, hal tersebut bisa didapatkan konsumen lewat mobil elektrifikasi Suzuki yang akan dipasarkan di Indonesia," 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra dalam pernyataan resminya (6/6/2022).

"Sebagai merek yang sudah berpengalaman dan dipercaya publik, Suzuki berkomitmen dalam kepuasan konsumen serta mendukung upaya Pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup untuk masa depan yang lebih baik," lanjut Donny.

Lalu berapa harga yang harus dibayar konsumen untuk keunggulan teknologi tersebut?

"Harga All New Ertiga Hybrid mulai dari Rp 270,3 untuk tipe GX transmisi manual hingga tertinggi Rp 292,3 juta untuk All New Ertiga Hybrid Suzuki Sport transmisi matic. Harga perkenalan ini sampai Agustus 2022," kata Hady Surjono Salim Deputy Sales and Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat acara peluncuran hari ini, Jumat (10/6/2022).

Berikut harga resmi All New Ertiga Hybrid yang diumumkan dalam peluncuran hari Jumat (10/6/2022):

- SS Hybrid - AT Rp292,3 juta
- SS Hybrid - MT Rp281,3 juta
- GX Hybrid - AT Rp281, 3 juta
- GX Hybrid - MT Rp270,3 juta
- GL - AT Rp259,5 juta
- GL - MT Rp248,5 juta
- GA - MT Rp225,1 juta.

Harga tersebut adalah per unit untuk on the road Jakarta.

Pengunjung melihat Suzuki Ertiga Hybrid saat peluncurannya di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Jumat (10/6/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)Foto: Pengunjung melihat Suzuki Ertiga Hybrid saat peluncurannya di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Jumat (10/6/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Pengunjung melihat Suzuki Ertiga Hybrid saat peluncurannya di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta, Jumat (10/6/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

"Masa pre-launching ada diskon Rp 20 juta, yang Hybrid GX MT jadi Rp 250,3 juta, tapi setelah tanggal 10 Juni harganya jadi Rp 253,3 juta diskon Rp 17 juta," sebut salah seorang tenaga penjual dealer di Jakarta, kepada CNBC Indonesia, Rabu (25/5/2022).

Manuver Susulan

Calon pesaing berat Avanza lainnya yang diprediksi siap mengaspal bulan ini adalah, Hyundai Stargazer. Kehadirannya digadang-gadang akan menambah ketat persaingan dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Media sosial sempat ramai oleh penampakan misterius yang diduga Hyundai Stargazer saat tertangkap kamera Google Maps di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

Hyundai memang belum secara resmi mengenalkan mobil ini, termasuk spesifikasi di dalamnya. Namun, dilansir dari Gaadiwaadi, mobil ini dibekali mesin bensin empat silinder 1,5 liter.

Dengan senjata ini, bakal menghasilkan tenaga maksimum 115 PS dan torsi puncak 144 Nm. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Hyundai Creta.

Dari sisi fitur, MPV ini kemungkinan bakal mendapat penyegaran yang sama yakni fitur integratif Hyundai SmartSense.

Sinyal kehadiran Stargazer makin kuat setelah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dengan nomor permohonan DID2020072199 tertanggal 20 November 2022. Nilai NJKB dari tiap tipe berbeda, mulai dari yang terendah sebesar Rp 155 juta hingga yang tertinggi Rp 202 juta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Avanza Terancam, Bulan Depan Dua Calon 'Penghancur' Meluncur


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading