Avanza Terancam, Bulan Depan Dua Calon 'Penghancur' Meluncur

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
30 May 2022 11:05
Toyota Veloz di IIMS 2022 (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Avanza terancam pada Juni 2022 dengan hadirnya dua low MPV terbaru. Mobil sejuta umat yang kembali meraih mobil terlaris April 2022 bakal terusik dengan dua low MPV baru, besutan Suzuki dan Hyundai.

Suzuki bakal menghadirkan mobil baru. Tenaga penjual dari diler di Jakarta mengungkapkan bahwa Suzuki Ertiga Hybrid bakal rilis pada bulan depan.

"Bulan depan (Juni) tanggal 10 bakal ada, pemesanan udah bisa dari sekarang," kata tenaga penjual tersebut kepada CNBC Indonesia, Senin (23/5/22).


Sontak, persaingan pasar Low MPV yang sangat ketat bakal semakin ramai.

Sinyal kehadiran mobil baru sudah muncul Ketika Suzuki Indonesia menebar teaser berupa gambar siluet sebuah mobil baru. Dalam gambar teaser itu tertulis tanggal 10 Juni 2022 yang menjadi hari peluncuran mobil baru tersebut.

Siluet ini seakan menyiratkan bahwa Suzuki bakal meluncurkan Suzuki Ertiga terbaru. Dari gambar siluetnya, mobil ini memiliki tampilan yang sporty dengan spoiler lips yang ceper.

Suzuki Ertiga Hybrid sendiri sebenarnya sudah lebih dulu meluncur di India. Di negeri itu, Suzuki juga telah memperkenalkan XL6 Hybrid, yang menjadi kembaran Suzuki XL7. Kedua mobil itu mengusung teknologi Suzuki Smart Hybrid.

Senjata Baru Hyundai Bisa Libas Avanza

Hyundai Stargazer akan rilis pada Juni 2022 berdasarkan sumber di salah satu dealer Hyundai. Mobil ini akan menyasar pasar kategori low MPV yang akan menjadi saingan dari Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

Hyundai juga bakal hadir dengan Stargazer. Mobil ini kerap muncul dalam beberapa waktu terakhir, termasuk ketika tertangkap kamera Google Maps di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

Hyundai belum secara resmi mengenalkan mobil ini, termasuk spesifikasi di dalamnya. Namun, dilansir dari Gaadiwaadi, mobil ini dibekali mesin bensin empat silinder 1,5 liter.

Dengan senjata ini, maka bakal menghasilkan tenaga maksimum 115 PS dan torsi puncak 144 Nm. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Hyundai Creta.

Selain itu, Stargazer juga diduga akan mendapatkan mesin diesel empat silinder berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 115 PS dan torsi puncak 250 Nm. Dari sisi fitur, MPV ini kemungkinan bakal mendapat penyegaran yang sama yakni fitur integratif Hyundai SmartSense.

Sinyal kehadiran Stargazer makin kuat setelah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dengan nomor permohonan DID2020072199 tertanggal 20 November 2022. Nilai NJKB dari tiap tipe berbeda, mulai dari yang terendah sebesar Rp 155 juta hingga yang tertinggi Rp 202 juta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

'Pembunuh' Avanza Makin Gila, Mobil Ini Terlaris di Indonesia


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading