Internasional

Cek! Ada Kabar Baik dari Vaksin Covid-19 Pfizer

News - luc, CNBC Indonesia
13 June 2022 16:25
Peserta mengikuti vaksinasi booster COVID-19 di Sentra Vaksinasi Booster, Pondok Indah Mall 3, Jakarta, Rabu (23/3/2022). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menggenjot program vaksinasi terutama booster. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Para staf peninjau dari Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) AS mengatakan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech efektif dan aman untuk digunakan pada anak-anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun.

Peninjau FDA mengatakan dalam dokumen pengarahan yang diterbitkan pada Minggu (12/6/2022) malam waktu setempat bahwa evaluasi mereka tidak mengungkapkan masalah keamanan baru terkait penggunaan vaksin pada anak kecil.

Analisis data FDA dari uji coba Pfizer diterbitkan menjelang pertemuan penasihat luarnya pada 15 Juni. Adapun, rekomendasi dari penasihat eksternal akan menentukan keputusan FDA tentang vaksin.


"Data yang tersedia mendukung keefektifan seri primer 3-dosis vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 dalam mencegah Covid-19 pada kelompok usia 6 bulan hingga 4 tahun," kata staf FDA dalam ulasan tersebut, dikutip Reuters, Senin (13/6/2022).

Analisis awal data dari vaksin Pfizer-BioNTech berdasarkan 10 kasus gejala Covid-19 yang diidentifikasi ketika varian virus corona Omicron dominan menunjukkan kemanjuran vaksin sebesar 80,3% pada kelompok usia di bawah 5 tahun.

Namun, suntikan Covid-19 untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun belum disetujui di sebagian besar dunia. Masih belum jelas berapa banyak orang tua yang akan memvaksinasi anak-anak mereka karena permintaan yang rendah untuk anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun.

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mengharapkan vaksinasi untuk anak kecil dimulai dengan sungguh-sungguh pada 21 Juni jika FDA dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyetujui vaksin.

Pejabat pemerintah mengatakan pra-pemesanan untuk digunakan pada kelompok usia di bawah 6 tahun memang masih rendah, tetapi permintaan diperkirakan akan meningkat setelah vaksin mendapatkan otorisasi.

Sebelumnya, FDA pada hari Jumat merilis tinjauan staf vaksin Covid-19 Moderna yang mengatakan dosisnya aman dan efektif untuk digunakan pada anak-anak berusia 6 bulan hingga 17 tahun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kabar Baik! Vaksin Covid Booster Semprot Lagi Disiapkan


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading