'Kiamat' Pesawat Nyata, Tiket Ke Bali & Singapura Gila-gilaan

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
12 June 2022 09:30
Ledakan tiket Pesawat_cover

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga tiket penerbangan baik domestik maupun internasional tengah mengalami lonjakan. Hal ini menuai protes dari masyarakat.

Setidaknya untuk tujuan rute-rute pariwisata seperti ke Bali hingga Singapura kini harus ditebus dengan jutaan Rupiah. Padahal sebelumnya bisa didapat dengan harga Rp 500 ribuan.

Menurut Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya menjelaskan, ini adalah strategi khusus airline untuk memulai bisnisnya. Sehingga jika belum menyalahi aturan Tarif Batas Atas (TBA) belum menjadi persoalan.


Strategi maskapai itu dilakukan karena punya pertimbangan khusus, yakni selama dua tahun terakhir bisnisnya jatuh. Ketika permintaan sudah mulai naik, maka sesuai hukum ekonomi harga pun ikut merangkak. Namun, harga tersebut pun dinilai masih cukup terjangkau.

"Untuk meng-cover operasional itu normal kembali, harganya normal, bukan murah lagi. Tidak mahal juga, tapi saya rasa nggak terlalu berdampak signifikan pada kunjungan karena lihat situasi saat ini Indonesia mulai membaik, begitu juga Bali," sebut Rai Suryawijaya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Harga Tiket Bali

Melansir platform penjualan harga tiket pesawat, pada Senin (13/6/2022) harga jual tiket Jakarta - Bali mulai Rp 1,1 juta - Rp 1,8 juta untuk penerbangan langsung kelas ekonomi. Menggunakan maskapai Nam Air, Lion Air, Air Asia, Citilink, Super Air Jet, Batik Air, Sriwijaya Air, hingga Garuda Indonesia.

Sementara penerbangan Bali - Jakarta pada Selasa (14/6/2022) mulai dari Rp 1 juta - Rp 1,8 juta untuk penerbangan langsung kelas ekonomi. Menggunakan maskapai Lion Air, Citilink, Air Asia, Batik Air, Garuda Indonesia.

Artinya untuk perjalanan pulang pergi membutuhkan biaya mencapai 2 jutaan lebih, dari sebelumnya hanya Rp 1 jutaan.

Harga Tiket Singapura

Untuk penerbangan ke Singapura juga sudah berdampak. Di mana penerbangan ke Singapura kelas ekonomi saat ini sekali jalan bisa mencapai Rp 3 - 5 juta. Sementara sebelumnya dengan uang Rp 2 - 3 juta sudah bisa melakukan perjalanan pulang dan pergi.

Melansir platform penjualan harga tiket Jakarta - Singapura penerbangan langsung pada Senin (13/6/2022) dibanderol dengan harga Rp 4,8 - 6 juta untuk sekali jalan. Dengan maskapai Air Asia, dan Jet Star.

Sementara untuk penerbangan langsung Singapura - Jakarta pada Rabu (15/6/2022) dijual dengan harga Rp 3,8 - 7,5 juta. Dengan maskapai Jetstar, AirAsia, KLM, Batik Air, Scoot, Garuda Indonesia, dan Singapore Airlines.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lebaran Usai Tapi Kok Harga Tiket Pesawat Belum Balik?


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading