Waspada Penyakit Mulut-Kuku, Makan Steak Sapi Aman?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
08 June 2022 19:00
Daging sapi yang diimpor dari AS terlihat di Wolfgang's, sebuah rumah steak kelas atas di distrik Sanlitun, Beijing Timur, China, 6 April 2018. Sepotong daging sapi keseluruhan 15 kg dari Amerika Serikat sekitar 20 persen lebih mahal daripada yang di Australia. mitra, kata Daniel Sui, wakil general manager di Wolfgang's.

Jakarta, CNBC Indonesia - Tersebarnya penyakit Kuku dan Mulut (PMK) telah membuat sebagian masyarakat khawatir untuk mengonsumsi hewan ternak seperti sapi dan kambing. Namun, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Suharini Eliawati memastikan bahwa mengonsumsi steak, daging serta apapun dari bahan baku daging tetap aman.

"PMK bukan penyakit zoonosis yang menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya, jadi kalau mau makan steak, sate, rendang, semur dan sebagainya, saya nyatakan ini aman dengan perlakuan daging itu masih segar," kata anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu dalam YouTube DKI Jakarta, Rabu (8/6/22).

Ia mensyaratkan bahwa daging tersebut sudah dimasak dalam status sudah segar, artinya daging tersebut langsung disimpan di kulkas jika tidak langsung dimasak. Ia juga menggarisbawahi bahwa daging tersebut jangan dicuci dulu dengan air, tujuannya agar air tidak membawa virus bakteri atau apapun.


"Masak dengan sempurna karena dikatakan virus mati dengan 50 derajat celcius, mati dengan PH 7 atau 6, artinya begitu proses pelayuan, disimpan kulkas kurang lebih 24 jam mudah-mudahan kita semua aman untuk makan steak. Kalau hobinya makan steak silakan aja, jangan berkurang karena PMK,"

Namun, jika ingin lebih meyakinkan bahwa daging tersebut aman, masyarakat bisa memastikannya terlebih dahulu sebelum membeli.

"Masyarakat pun bila mau membeli hewan kurban berhak untuk melihat surat keterangan sehat dan bebas dari PMK tersebut. Silakan bertanya kepada penjual," jelas dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sapi-Sapi Kena Lockdown, Begini Skenario Cegah Wabah PMK


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading