Serius Stasiun Gambir Mau Pensiun? Begini Penjelasan PT KAI

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
07 June 2022 14:30
H-1 Lebaran, Stasiun Gambir Masih Ramai Pemudik (CNBC Indonesia/Novina Putri) Foto: Pemerintah menampik isu Stasiun Gambir pensiun. (CNBC Indonesia/Novina Putri)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan stasiun Gambir masih melayani pelanggan kereta api jarak jauh. Hal ini menyusul ramainya isu stasiun kereta utama Jakarta ini akan 'pensiun'.

VP Public Relations KAI Joni Martinus, mengatakan KAI masih tetap mengoperasikan stasiun Gambir sebagai salah satu akses masuk dan keluar ibu kota, selain stasiun Pasar Senen, Jatinegara, dan Jakarta-Kota.

"Terkait adanya rencana pengalihan fungsi Stasiun Gambir, tentu KAI mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. KAI juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan mengenai hal tersebut," kata Joni dalam keterangan Resmi, Selasa (7/6/2022).

Sehingga masyarakat yang sudah membeli tiket kereta api jarak jauh, tidak perlu khawatir. Joni mengatakan karena isu Stasiun Gambir telah pensiun tidak benar.

"Saat ini Stasiun Gambir terus melayani pelanggan KA Jarak Jauh dengan rata-rata 7.928 pelanggan per hari di bulan Juni 2022 ini," katanya.

Joni menjelaskan ketika ada perubahan pelayanan di Stasiun Gambir, nanti KAI akan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terlebih dahulu.

Suasana penumpang di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta, Selasa,( 8/3./2022). DKI Jakarta kembali menerapkan PPKM level 2. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)Foto: Suasana penumpang di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta, Selasa,( 8/3./2022). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Suasana penumpang di Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta, Selasa,( 8/3./2022). DKI Jakarta kembali menerapkan PPKM level 2. (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Sebelumnya ramai di media sosial, bahwa dikabarkan stasiun Gambir pensiun layani kereta jarak jauh.

"Please jangan pensiun, udah paling enak kereta jarak jauh tuh di Gambir aja. Akses jalannya juga enak. Gak kebayang kalo pindah ke Manggarai, sekarang aja udah padat banget itu jalannya, macet sumpekk," kata @Rifnylia pada postingan Twitter kemarin.

"Gak bisa bayangin kalo nanti stasiun gambir 'pensiun', trus KAJJ, dipindah ke Manggarai. Gila sih, bukannya disambut Tugu Monas tapi disambut ruwetnya Manggarai dan para pencopet," tulis @ambivertpotato.

Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, menjelaskan hal serupa bahwa sampai saat ini Gambir masih menjalankan pelayanan kereta jarak jauh.

Sementara untuk pengalihan fungsi stasiun Gambir menjadi lintas pelayanan Kereta Rel Listrik (KRL), dan stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral yang melayani kereta jarak jauh masih dilakukan pada 2025 mendatang.

"Jika semua berjalan sesuai rencana betul tahun 2025," kata Adita kepada CNBC Indonesia, Selasa (7/6/2022).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Hore! Besok Kereta Api Cilacap - Yogyakarta Mulai Beroperasi


(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading