Blak-blakan Prabowo: Capres 2024 Tidak Harus Saya, Siapa Saja

News - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
01 June 2022 22:00
Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo Subianto Foto: Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh (kiri) dan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto (kanan) di Nasdem Tower, Jakarta, Rabu (1/6/2022). (Dokumentasi Partai Nasdem)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto buka-bukaan perihal kriteria sosok calon presiden yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 mendatang.

Berbicara selepas menemui Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh dan jajaran di NasDem Tower, Jakarta, Prabowo mengatakan, kriteria capres versinya adalah Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, dan sebagainya. Ucapan Prabowo itu sontak disambut gelak tawa elite Gerindra dan NasDem yang turut hadir dalam sesi konferensi pers.

"Tapi intinya saya kira, kita harus ada sosok yang sungguh-sungguh komit dan setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, seutuhnya, tidak sebagai mantra, tapi seutuhnya. Saya kira itu kriteria paling penting," kata Prabowo.

"Dan juga kalau bisa yang berpengalaman," ucap Prabowo kemudian bicara dengan jajaran elite NasDem dan Gerindra di belakangnya disambut gelak tawa.

Prabowo kemudian ditanya kembali, apakah dengan kriteria seperti yang dia ucap berarti capres tidak harus Prabowo lagi. Apa jawaban Prabowo?

"Ya tidak usah. Tidak harus Prabowo, siapa saja, masa republik ini. Jadi begini ya, saya ini belajar dari sejarah, dari suatu republik yang baik adalah kewajiban setiap warga negara yang mampu fisik, intelek, jasmani, dan kondisi ekonomi dirinya dan keluarganya wajib untuk menawarkan dirinya kepada negara dan bangsa, jadi wajib," ujar Prabowo.

Prabowo mengadakan pertemuan dengan Surya di Hari Lahir Pancasila yang diperingati 1 Juni 2022. Prabowo tiba pukul 11:50 WIB dan disambut Ketua DPP NasDem Willy Aditya dan Wasekjen DPP NasDem Hermawi Taslim.

Prabowo yang hadir mengenakan pakaian bernuansa batik itu kemudian menjelaskan kedatangannya ke NasDem Tower untuk bersilaturahmi dan makan siang bersama.

"Tidak ada agenda khusus saya diundang kawan saya ya saya datang. Ya makan siang (bareng)," kata Prabowo.

Mengutip laman resmi NasDem, pertemuan Prabowo dan Surya berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan. Prabowo diterima langsung Surya di ruang kerjanya.

Tampak Surya didampingi sejumlah elite NasDem seperti Siswono Yudo Husodo, Enggartiasto Lukita, Jan Darmadi dan Ahmad Sahroni. Sementara itu dari Partai Gerindra juga turut hadir jajaran pengurus DPP seperti Ahmad Muzani, Budi Djiwandono, Sufmi Dasco dan Sugiyono.

Berita selengkapnya >>> Klik di sini


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Keponakan Prabowo Subianto Jadi Wakil Menteri Koperasi & UKM?


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading